Lihat ke Halaman Asli

Ebook

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

E-BOOK

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat segala hal dalam kehidupan kita seakan menjadi lebih mudah dalam banyak hal. Salah satu yang ikut mengalami perubahan dari kemajuan adalah dunia percetakan dan penerbitan buku, yaitu munculnya Ebook yang merupakan singkatan dari electronic book dengan kata lain buku yang disimpan dalam bentuk file digital.

Esensi dari Ebook sendiri sama dengan bukukonvensional yaitu sama-sama buku yang menyediakan informasi berupa tulisan untuk dibaca. Tetapi Ebook mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh buku konvensional.

Pertama, Ebook lebih portable.

Ebook lebih mudah disimpan serta dibawa karena tidak membutuhkan kertas, hal ini memungkinkan kita membawa ratusan buku tanpa perbebani ruang

Kedua, harga Ebook lebih murah.

Saat ini harga pembelian Ebook lebih murah dibandingkan buku cetak, bahkan banyak Ebook yang bisa didapatkan secara gratis.

Ketiga, Ebook mudah didapat.

Perkembangan teknologi internet memungkinkan untuk mendapatkan Ebook hanya dengan mendownloadnya, berbeda dengan buku cetak yang harus mendatangi toko ataupun menunggu pesanan yang terkadang jumlahnya terbatas dan lama.

Keempat, Pendistribusian Ebook lebih mudah.

karena Ebook berbentuk data digital maka Ebook dapat dengan mudah dibagikan atau dikirim dengan cepat, ditambah dengan pengandaan yang tidak terbatas dengan mencopy file tersebut.

Kelima, Ebook lebih mudah dipublikasikan.

Dibandingkan dengan menerbitkan lewat penerbitan cetak menerbitkan Ebook jauh lebih mudah. Banyak orang yang menjual Ebook yang sengaja dibuatnya untuk menjadi sumber penghasilan mereka. Asalkan kita jago disuatu bidang, kita dapat menjual Ebook dengan menuliskan hal apa yang bermanfaat terkait bidang yang kita kuasai tersebut dalam bentuk Ebook.

Meskipun mempunyai banyak keunggulan dibandingkan buku konvensional/cetak, Ebook juga mempunyai kelemahan diantaranya:


  • 1.Membutuhkan perangkat yang bisa digunakan membaca file Ebook yang biasanya lumayan mahal sehingga hanya sebagian orang yang bisa menikmati kemudahan Ebook

  • 2.Kegiatan membaca tergantung kapasitas baterai perangkat yang kita gunakan, begitu baterai habis maka berakhir pula kegiatan membaca kita.

  • 3.Buku berbentuk Ebook rawan hilang atau rusak filenya.

  • 4.Rawan terjadi pelanggaran hak cipta karena mudahnya Ebook digandakan dan didistribusikan sehingga merugikan penerbit dan pengarang yang tidak mendapat royalti dari tersebarnya Ebook tersebut.

  • 5.Ebook masih kurang populer bagi masyarakat, apalagi untuk pendidikan dalam lingkup indonesia. Masih banyak sekolah yang belum terbiasa dengan perkembangan teknologi



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline