Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Bisnis Anda Perlu Aplikasi Kasir?

Diperbarui: 17 April 2020   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kini bisnis restoran atau usaha caf sangat digandrungi oleh para pengusaha, baik pengusaha yang sudah berpengalaman dalam mengelola bisnis maupun pengusaha muda yang baru memulai bisnisnya. Karena selain terlihat menjanjikan, bisnis restoran atau caf juga mendatangkan banyak keuntungan.Dengan maraknya promosi yang bisa dilakukan melalu sosial media juga kini banyak restoran/caf yang sedang trendy sehingga mendapatkan banyak exposure dan mendapatkan banyak customer.

Lalu bagaimana cara agar pengusaha dapat mengontrol, memenej dan memantau aktivitas pada restoran atau caf yang dikelolanya? Tentu aplikasi kasir adalah jawabannya!

Berikut adalah alasan-alasan mengapa bisnis F&B (food and beverages) memerlukan aplikasi kasir untuk membantu mereka dalam menjalankan pengelolaan bisnisnya:

  1. Mengatur Meja Tamu

Untuk mengontrol dan memenej customer dengan baik, para staff yang bekerja di restoran harus bekerja secara cepat dan tepat. Aplikasi kasir diciptakan untuk membantu Anda dalam mengatur meja tamu, lho! Dengan begitu pengelolaan customer dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

  1. Franchise Management

Beberapa aplikasi kasir kini dilengkapi dengan fitur Franchise Management dimana ini dapat Anda manfaatkan untuk mengatur bisnis restoran Anda yang telah memiliki cabang atau franchise di beberapa tempat yang berbeda. Jadi jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan perubahan harga secara pada cabang yang berbeda atau melakukan perubahan harga secara keseluruhan, Anda hanya tinggal melakukannya pada aplikasi kasir.

  1. Perhitungan Pesanan Cepat dan Akurat

Pastinya Anda tidak mau pelanggan menunggu terlalu lama untuk mengetahui jumlah pesanannya bukan? Dengan aplikasi kasir restoran, jumlah pesanan dan total yang harus dibayarkan pelanggan dapat dilakukan secara cepat dan praktis. Perhitungan yang dilakukan selain otomatis, perhitungannya juga akurat. Sehingga selain Anda dapat menghemat waktu, Anda juga dapat meminimalisir kesalahan perhitungan jika dibandingan dengan menghitung secara konvensional atau manual.

  1. Split Bill / Memisahkan Pembayaran

Pengunjung restoran Anda ingin membagi-bagi pembayarannya? Tidak perlu khawatir. Aplikasi kasir dapat membagi satu tagihan menjadi beberapa pembayaran. Ini dilakukan dengan memisahkan atau memilih item yang ingin dibayar pelanggan tanpa membuat tagihan lain. Pastinya fitur ini dapat membantu kasir untuk menangani kelompok yang melakukan pesanan bersama tetapi ingin membayar pesanannya masing-masing.

  1. Merge Bill / Menyatukan Beberapa Pembayaran Sekaligus

Anda bisa menggabungkan beberapa tagihan menjadi satu tagihan. Berguna sekali bukan untuk pengunjung Anda yang melakukan beberapa pesanan sekaligus namun ingin semua pesanan dicatatat dalam satu tagihan?

  1. Laporan Keuangan

Dapatkan laporan finansial dari usaha Anda! Laporan keuangan tentunya tidak bisa dipisahkan dari pengelolaan bisnis yang baik. Dengan laporan keuangan selain dapat melihat keuntungan maupun kerugian dari usaha Anda, laporan keuangan dapat Anda gunakan untuk menjadi basis dari perencanaan atau pengambilan keputusan atas manajemen usaha. Sehingga adanya laporan keuangan pada bisnis Anda bisa menjadi sangat krusial.

Bagaimana? Sudah memahami pentingnya penggunaan aplikasi kasir untuk bisnis retoran atau caf? Terbayang kan bagaimana sulitnya pengelolaan bisnis secara kovensial dimana semua pencatatan dan perhitungan dilakukan secara manual tanpa dibantu oleh teknologi?

Untuk memenuhi kebutuhan pengusaha restoran dan caf, Luna hadir untuk menjadi aplikasi kasir yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan Anda sebagai pengusaha F&B!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline