Lihat ke Halaman Asli

Inovasi PT KAI (Persero) dalam Membangun Negeri

Diperbarui: 18 Oktober 2018   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Direktur Utama PT KAI (Persero) memberikan talkshow dalam acara Emtek Goes To Campus 2018 di Graha Sabha Permana Universitas Gadjah Mada (18/10). Edi Sukmoro diundang untuk menjadi narasumber dalam sesi CEO Talk & Inspiring Practitioners yang dihadiri oleh para mahasiswa Yogyakarta hingga Solo.

Emtek Goes To Campus merupakan acara yang memadukan kegiatan edukasi dan entertainment. Dari kegiatan ini para narasumber akan mentransfer ilmu mereka supaya para generasi milenial dapat menerapkan pengetahuan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu mahasiswa menyampaikan langsung penilaiannya tentang perkembangan perkeretaapian Indonesia saat ini kepada Edi Sukmoro. Ia mengatakan bahwa pelayanan PT KAI (Persero) saat ini jauh lebih baik baik dari sisi fasilitas di kereta maupun Stasiun hingga pelayanan para karyawan.

Edi Sukmoro menjelaskan bahwa pelayanan saat ini merupakan hasil terobosan dan inovasi yg dilakukan oleh PT KAI (Persero). Hal mendasar yang menjadi perhatian dan perbaikan adalah dari internal atau para pegawai PT KAI (Persero) itu sendiri. "Dimulai dari internal KAI terlebih dahulu kemudian mengubah yang dulunya product oriented menjadi service oriented," ungkapnya.

Edi juga menekankan kepada para mahasiswa yang kelak ingin bekerja di PT KAI (Persero) harus memiliki tiga syarat utama. Pertama adalah integritas, kedua pekerja keras dan terakhir adalah pelayanan. "Jika ingin menjadi pegawai PT KAI (Persero) maka harus siap bekerja keras dan menjadi pelayan demi keselamatan dan kepuasan para penumpang," tutur Edi.

Tiga syarat tersebut yang kini membuat kereta api Indonesia berkembang pesat serta menjadi transportasi masal pilihan masyarakat yang terjangkau, aman, nyaman dan tepat waktu. Selain itu, angkutan Kereta Api merupakan solusi bagi kota-kota besar untuk mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas.

Salah satu Inovasi PT KAI (Persero) adalah Rail Clinic yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di sekitar rel kereta api. Rail Clinic generasi terbaru sudah disambung juga dengan Rail Library yang menyediakan buku serta fasilitas ilmu pengetahuan lainnya kepada masyarakat.

Diakhir sesi, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada Edi seputar kereta api Indonesia, mulai dari lowongan pekerjaan hingga jalur kereta api yang akan dibangun.

Terkait jalur kereta api yang akan dibangun, Edi menjelaskan bahwa program pembangunan track baru bukanlah dari PT KAI (Persero) namun Dirjen KA, sedangkan PT KAI (Persero) hanya sebagai operator.

Tidak lupa Edi Sukmoro mengajak para peserta untuk bergabung dengan PT KAI (Persero) dalam membangun negeri. "Bergabunglah dengan PT KAI (Persero) karena banyak yang bisa kita berikan untuk Negara," tutup Edi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline