Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Biota laut Rhizophora sp, Si Pemecah Gelombang

Diperbarui: 19 Desember 2018   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(quora.com)

Rhizophora sp. atau lebih dikenal dengan pohon bakau merupakan tumbuhan akuatik yang hidup di daerah pasang surut dengan tinggi mencapai 120 m. Pohon bakau memiliki fungsi yang sangat penting untuk masyarakat di daerah pesisir. Salah satunya adalah memecah gelombang laut sehingga apabila terjadi tsunami, gelombang yang mencapai daratan dapat berkurang.

Struktur pohon bakau teradaptasi untuk hidup di daerah dengan lingkungan berlumpur, salinitas dan gelombang tinggi, serta sedimentasi yang miskin oksigen. Pohon bakau memiliki jenis akar yang berbeda-beda. Tipe-tipe akar bakau tersebut membantu pohon bakau agar tetap tegak saat diterjang gelombang dan juga digunakan untuk mencari oksigen dengan cara menyembul ke permukaan.

Beberapa tipe akar bakau antara lain : akar tunjang (prop roots) dan akar nafas (air roots). Selain itu, daun bakau memiliki kelenjar garam yang membantunya untuk bertahan di lingkungan dengan salinitas tinggi dengan cara mengeluarkan garam melalui permukaan daunnya.  

Persebaran Rhizophora sp. kebanyakan berada di daerah dengan iklim tropis dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah hutan bakau terbesar di dunia. Dengan kondisi tanah yang berlumpur, selalu basah, dan tidak stabil menyebabkan pohon bakau susah untuk berkembang.

Oleh karena itu, biji bakau mengalami adaptasi dengan cara biji yang masih terdapat pada pohon akan berkembang sampai muncul tunas atau bakal akar, kemudian biji tersebut akan jatuh dan menancap ke dalam lumpur. Penebangan pohon bakau dan pembukaan hutan bakau menjadi tambak, pemukiman maupun pelabuhan menjadikan beberapa spesies bakau di Indonesia terancam punah.

Berdasarkan data pada tahun 2000-2014, Indonesia menyumbang kehilangan hutan bakau terbesar di dunia dengan luas kehilangan 311 km2 tiap tahunnya. Kehilangan beberapa hutan bakau tersebut berdampak negatif pada ekologi, ekonomi dan sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline