Lihat ke Halaman Asli

Lulu Natasya

Mahasiswa

Pandangan terkait Kehidupan Mahasiswa dalam Berlembaga

Diperbarui: 25 Maret 2021   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Lulu Natasya

GB     : 16

Paradigma adalah cara pandang atau cara berpikir seseorang. Mahasiswa adalah seseorang yang telah terdaftar dalam perguruan tinggi yang dibuktikan dengan kartu rencana studi (KRS). Dalam arti lain mahasiswa adalah seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi dan akan mengamalkan ilmunya. Lembaga adalah sebuah wadah atau sebuah perkumpulan dari orang-orang yang tujuannya sama.

Banyak mahasiswa yang mengikuti organisasi dan banyak juga mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Beberapa alasan mahasiswa tidak ikut organisasi yaitu tidak ada organisasi yang sama dengan tujuannya, sibuk dalam perkuliahan, merasa hanya membuang-buang waktu, hanya ingin fokus pada perkuliahan dan alasan-alasan lainnya. Memang tidak salah untuk tidak mengikuti organisasi dan fokus pada perkuliahan. Namun, ada banyak manfaat yang akan didapatkan dengan bergabung ke dalam organisasi. Mahasiswa yang mengikuti organisasi dapat melatih kepercayaan dirinya, mendapat pelajaran yang tidak didapatkan di dalam perkuliahan, mendapat banyak teman dan kenalan baru, melatih soft skill, dan akan menjadi lebih sibuk sehingga dapat melatih untuk mengatur waktu dan menentukan prioritasnya.

Selama masih di perkuliahan mahasiswa harus memanfaatkan waktu di bangku kuliah dengan baik, salah satunya mengikuti organisasi. Di organisasi, mahasiswa akan banyak mempelajari hal baru dan jika membuat kesalahan masih ada kakak-kakak di organisasi yang akan menunjukkan kesalahan yang dilakukan dan mengajar untuk memperbaiki kesalahan agar tidak diulangi lagi. 

Misalnya, di dunia kerja atau dalam bermasyarakat kembali bertemu dengan permasalahan yang sama maka sudah mengetahui apa yang harus dan tidak harus dilakukan karena sudah memiliki pengalaman. Pengalaman-pengalaman yang didapatkan di organisasi tentunya akan sangat membantu dan bermanfaat bagi kita dalam kehidupan, pekerjaan, dan bermasyarakat.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline