Lihat ke Halaman Asli

Indonesia sebagai Tuan Rumah G2O Indonesia 2022

Diperbarui: 15 November 2022   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pulih Bersama. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia saat ini tengah menggelar hajat besar dan penting yakni presidensial G20 yang diselenggarakan Mulai 1 Desember  2021 hingga November 2022 dan sampai skearang. Indonesia menjadi tuan rumah G20 selama setahun penuh. 

Belum familiar pasti ada sebagian masyarakat tidak paham dengan G2o atau Group Of Twenty ( kerja sama ekonomi terbesar di dunia ) forum ini bertajuk KTT yaitu konferensi tinggkat tinggi dengan menghadirkan presiden atau kepala pemerintah negara anggota dalam diskusi.  Dan mampu melahirkan sejumlah kebijakan ekonomi yang bersifat menguntungkan. 

Pembentukan G20 tidak terlepas dari kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global yang dihadapi saat itu. 

Sejak tahun 1999 G20 sudah berhasil memperbaiki sejumlah krisis dan permasalahan ekonomi secara global. tidak hanya untuk masyarakat dunia manfaat G20 dapat dirasakan oleh negara anggotanya. Lalu apa manfaat G20 Bagi Indonesia ? banyak masyrakat bertanya-tanya apa untungnya G20. 

Pada mula G20 merupakan pertemuan para menter keuangan dan gubernur Bank sentral, namun KTT G20 juga dihadiri oleh kepala negara sejak 2008 dan 2010 dibentuk pembahasan mengenai sektor pembangunan. manfaat G20 bagI Indonesia yaitu : 

  • Memberikan dampak positif terhadap pemulihan aktivitas perekonomian Indonesia, 
  • Menjadi sarana memperkenalkan pariwisata domestik,
  • Menjadi momentum untuk menunjukkan keberhasilan strukturak tentang Undang Undang ( UU ) Cipta kerja dan Sovereign Wealth Fund ( SWF ) 
  • Menunjukkan citra dan mengangkat nama Indonesia dimata dunia atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis,
  • Menggerakkan konsumsi domestik.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline