Lihat ke Halaman Asli

Luluk Mukaromah

Kimseokjin

Meningkatkan Performance dengan Reward

Diperbarui: 27 Mei 2021   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.myhealthexplained.com

Seringkali perusahaan dipusingkan dengan kinerja karyawannya yang menurun . Disusul dengan perputaran karyawan yang tinggi dan masih banyak lagi masalah masalah yang timbul akibat ketidak puasan dikedua belah pihak. Seringkali karyawan bermasalah dengan atasan mereka sehingga berdampak berkelanjutan . hal ini muncul seiring dengan anggapan karyawan yang merasa perusahaan terlalu menuntut mereka tanpa memberikan feedback yang sama , yang mana diharapkan oleh karyawan. Akibatnya karyawan tersebut tidak puas sehingga performance atau kinerja karyawan tadi menurun .

Kinerja yang menurun mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian dalam jangka panjang jika tidak ditangani dengan baik dan bijak. Penanganan tersebut bisa dimulai dengan meminta karyawan untuk menuliskan atau menginformasikan apa penyebab mereka kurang puas dengan perusahaan dan ekspektasi  mana yang diharapkan oleh karyawan . kebanyakan karyawan biasanya kurang puas dengan system Reward yang digunakan karyawan. Bisa jadi jika Reward tadi dinilai tidak sesuai atau lebih kecil dari bobot tugas yang karyawan terima . sistem reward sendiri sering menjadi tanda pencapaian karyawan dalam menyelesaikan tugasnya . Besar kecilnya reward yang di terima oleh karyawan biasanya tergantung seberapa banyak dan baik kuantitas serta kualitas tugas yang diselesaikan.

Keputusan pengukuran system Reward harus diputuskan oleh perusahaan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam perusahaan. Selain itu system Reward juga harus melalui kesepakatan bersama antara kedua belah pihak agar menemukan titik temu. Perusahaan juga harus tegas dalam memberlakukan Reward apakah dinilai berdasarkan lamanya karyawan bekerja atau dari penyelesaian tugasnya.  Hal ini sangat penting agar kinerja maupun bobot tugas yang dihasilkan maksimal.

System Reward yang baik akan melahirkan keuntungan jangka panjang perusahaan, loyalitas karyawan, kepuasan karyawan, mamaksimalkan profit , pengurangan cost akibat mengurangnya perputaran karyawan, dan sebagainya. Oleh karena itu , kita selaku manager HRD harus selalu mengevaluasi system Reward yang berlaku diperusahaan apakah sudah tepat dengan pencapaian atau prestasi yang dimilikioleh masing masing karyawan .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline