Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Aspek Kognitif dengan Kegiatan Mengukur

Diperbarui: 17 Juli 2021   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

  • DESKRIPSI JENIS KASUS/MASALAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  •  
  • Kasus Kegiatan Mengajar 1 
  •  

  Pada praktek pembelajaran tahap I Tema Diriku Sub tema tubuhku Sub-sub tema tinggi badan dengan model pembelajaran kelompok dan kegiatan pengaman, melaksanakan 3 kegiatan bermain, yaitu : 1) mengukur tinggi badan teman, 2) menyetempel gambar tinggi badan, 3) bercerita cara mengukur tinggi badan. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan kasus dalam aspek kognitif anak, yaitu anak belum tepat pada teknik mengukur tinggi badan, yang seharusnya dilakukan anak adalah anak mengukur tinggi badan teman dengan cara teman berdiri mepet pada tembok kemudian diukur memakai ukuran meter yang menempel pada dinding.

  • Kasus Kegiatan Mengajar 2
  •  

    Pada praktek pembelajaran tahap II Tema Kendaraan Sub tema Kendaraan darat Sub-sub tema Mobil dengan model pembelajaran area yang dilaksanakan secara daring ini melaksanakan 4 kegiatan bermain, yaitu : 1) Membuat adonan playdough dari tepung terigu, 2) Membuat bentuk mobil dari playdough yang telah dibuat, 3) Membandingkan bentuk mobil yang telah dbuat dari playdough, 4) Membentuk huruf dari playdough menjadi kata mobil. Pada pelaksanaan pembelajaran kali ini di temukan kasus pada aspek kognitif, yaitu anak belum tepat dalam membandingkan bentuk mobil dari playdough, anak kesulitan dalam mengambil seberapa banyak playdough yang akan dibuat menjadi mobil,  suara anak yang feedback dan terkendala signal.

  • Kasus Kegiatan Mengajar 3
  •  

Pada praktek pembelajaran tahap III Tema Kendaraan Sub tema Kendaraan Udara Sub-sub tema Pesawat dengan model pembelajaran kelompok dan kegiatan pengaman ini melaksanakan 4 kegiatan bermain, yaitu : 1) Mengukur sayap dan ekor pesawat, 2) merakit pesawat (pesawat terbang, pesawat helikopter, pesawat jet) dari kardus, 3) menempel atau menghias pesawat, 4) menulis nama sendiri pada badan pesawat. Pada pelaksanaan pembelajaran kali ini ditemukan permasalahan pada aspek kognitif yaitu anak belum tepat mengukur panjang sayap dan ekor pesawat. Yang seharusnya dilakukan anak adalah mengukur sayap dan ekor pesawat yang sudah disediakan guru.

 

  • DESKRIPSI FAKTOR PENYEBAB
  •  
  • Faktor penyebab kasus 1
  •  
  • Faktor penyebab munculnya kasus aspek kognitif anak pada kegiatan praktek mengajar 1 yaitu anak belum paham tetang teknik mengukur, anak belum bisa mengambil alat ukur meter yang dicantolkan didinding, alat ukur meter belum lurus atau masih melintir sudah ditarik oleh anak.

  • Faktor penyebab kasus 2
  •  
  • Faktor penyebab munculnya kasus aspek kognitif anak pada kegiatan praktek mengajar 2 yaitu anak kesulitan dalam membandingkan ukuran mobil karena anak hanya membuat 1 mobil sehingga tidak bisa membandingkan ukuran atau bentuk mobil.

  • Faktor penyebab kasus 3
  •  
  • Faktor penyebab munculnya kasus aspek kognitif anak pada kegiatan praktek mengajar 3 yaitu anak mengukur sayap dan ekor pesawat pada pesawat yang sudah dirakit anak, seharusnya anak mengukur sayap dan ekor pesawat pada sayap dan ekor pesawat yang sudah disediakan oleh guru pada tempat kegiatan bermain.

 

  • DESKRIPSI ALTERNATIF SOLUSI/TINDAKAN
  •  
  • Solusi / Tindakan kasus 1
  •  

Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan mengukur yaitu dengan meningkatkan media bermain yang lebih mudah digunakan dan difahami oleh anak.

  • Solusi / Tindakan kasus 2
  •  

Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan praktek langsung yaitu menggunakan bahan ajar berupa video tutorial yang dibagikan kepada anak-anak agar bisa diputar dan ditayangkan ulang sehingga diharapkan anak-anak mampu  untuk melakukan setiap langkah pembuatan secara benar, selain itu saat pembelajaran berlangsung guru dapat memberikan bimbingan secara langsung pada saat anak melakukan kegiatan praktek tersebut. 

 

  • Solusi / Tindakan kasus 3
  •  

Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan mengukur sayap dan ekor pesawat yaitu dengan menggunakan penggaris. Guru mengarahkan anak untuk mengukur sayap dan ekor pesawat yang sudah disediakan pada tempat kegiatan bermain pada kegiatan terkait.

                                                                                

  • URAIAN HASIL YANG DIDAPATKAN DARI TINDAKAN
  •  
  • Hasil tindakan 1
  •  
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline