Lihat ke Halaman Asli

Metode-metode yang Ada dalam Filsafat Pendidikan

Diperbarui: 10 April 2020   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Hello epribadeh, come to my yutub chanel. Eh!My kompasiana

Disini mari kita membahas tentang Filsafat Pendidikan, kali ini kita akan membahas macam macam metode dalam Filsafat Pendidikan. Dalam Filsafat Pendidikan ada 3 metode yang perlu kita ketahui, yaitu :

(1). Metode Positifistik; (2). Metode Fenomenalogi dan (3). Metode Kritis.

Berikut penjelasannya. Siap siap baca dengan seksama yaa

1. Metode Posifistik

Metode ini berpangkal atau berdasae pada sesuatu yang aktif dan didasarkan pada data empiris. Dalam metode ini berkeyakinan kalau pengetahuan yang paling benar adalah dari pengalaman.

Contohnya gini. Kita tau kalau 1+1=2 itu pengetahuan kita tapi belum tentu benar karena kita tidak tau dasarnya bagaimana dalam matematika. Tapi jadi pengetahuan yang paling benar kalau kita punya 1 (satu) coklat lalu diberi lagi 1 (satu ) coklat oleh doi (ekhem), jadi coklat kita ada 2. Maka itu menjadi pengetahuan yang paling benar. Kira kira gitu contohnya.

Dalam positifistik ini ada 4 konsep, yaitu konsep yang diarahkan kepada fakta-fakta, konsep yang diarahkan pada perbaikan terus menerus, konsep yang diarahkan pada kecermatan dan yang terakhir konsep yang diarahkan pada kepastian. Nah konsep konsep itu harus bersifat empiris,realistik dan aktual.

2. Metode Fenomenalogis

Next yang kedua adalah metode fenomenalogis. Kata fenomena itu berasal dari bahasa Yunani yang peratama Phenomenan yang berarti "tampak", dan logos yang berarti "kata". Jadi artinya fenomenalogis adalah langkah langkah yang harus diambil sehingga sampai pada fenomena-fenomena yang murni. 

Untuk menggunakan fenomenalogis ini kita harus bertolak dari pemikiran manusia dan kembali kepada kesadaran umum untuk mencapai kesadaran murni kita harus lepas dari pengalaman dan kebiasaan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline