Lihat ke Halaman Asli

Lulu Ilmanun

Mahasiswa semester 3 prodi bahasa indonesia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pemanfaatan Media Powerpoint dalam Pembelajaran

Diperbarui: 11 Desember 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penggunaan teknologi pada saat sekarang semakin canggih dan modern kesemua bidang kehidupan, tak terkecuali dalam pendidikan. Oleh karena itu, banyak orang percaya dengan menggunakan teknologi semuanya akan menjadi mudah dan efektif. Penggunaan teknologi tidak mengenal batasan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Berdasarkan pendekatan teknologi pendidikan, penggunaan media pengajaran menjadi daya tarik bagi dunia pendidikan, penggunaan media tidak hanya sebagai alat bantu, akan tetapi juga sebagai alat penyalur pesan pendidikan. Walaupun tanpa bantuan guru, media pengajaran dapat menghadapi siswa dalam belajar di kelas.

Menurut Palupi (2020), Media merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam belajar. Media juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi ketika pembelajaran berlangsung untuk mengantar atau membawakan informasi kepada siswa. Keberadaan media pembelajaran ini sangat diharapkan untuk menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan. 

Media pembelajaran sangat penting pada aktivitas belajar mengajar seorang pendidik ketika di kelas. Media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan komunikatif dapat meningkatkan atau mendukung belajar siswa. Media pembelajaran bisa berupa online maupun offline. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik bisa menambah semangat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.

Agar seorang pendidik tidak monoton ketika mengajar dikelas, penggunaan media visual dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa jenuh siswa dalam belajar. Salah satunya yaitu Microsoft Powerpoint bisa menjadi solusi untuk hal tersebut. Penggunaan media visual seperti Powerpoint dapat merangsang pola pikir siswa, dan sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar agar lebih variatif.

Powerpoint merupakan perangkat lunak yang disusun guna menampilkan multimedia yang cocok digunakan untuk presentasi. Powerpoint bisa menjelaskan suatu hal melalui gambar, video, maupun animasi. Jadi, didalam powerpoint ini kita dapat menuangkan ide-ide kita untuk menjelaskan suatu hal yang ingin kita sampaikan secara menarik namun tidak mengurangi kualitas materi yang ingin kita sampaikan. Program powerpoint juga relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat penyimpanan data.

Presentasi powerpoint adalah suatu cara yang digunakan untuk memperkenalkan tentang segala hal yang dirangkum dalam beberapa slide, sehingga orang yang menyimak dapat memahami penjelasan melalui visualisasi yang terangkum dalam slide. Rusman mengemukakan program aplikasi presentasi merupakan paket dari program komputer. 

Program yang digunakan untuk membantu penggunanya dalam mengolah bahan presentasi. Program aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengelola bahan presentasi tersebut yang dikenal dengan nama slide show. Fasilitas yang disediakan pada program ini bermacam-macam yang berhubungan dengan bahan presentasi tersebut. 

Fasilitas tersebut diantaranya penyusunan bahan, pengolahan teks, grafis, dan multimedia. Salah satu program aplikasi presentasi yang terkenal adalah program Microsoft Office PowerPoint atau lazim disebut dengan PowerPoint.

Media PowerPoint digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya pemanfaatan PowerPoint dapat dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu: (1) Personal Presentation, pada umumnya PowerPoint digunakan untuk presentasi dalam pembelajaran klasik. Seperti proses pembelajaran, kuliah, training, seminar, workshop, dan lain-lain. 

Pada penyajian ini PowerPoint sebagai alat bantu bagi guru/instruktur untuk mempresentasikan materi yang akan disampaikan. Dalam hal ini pembelajaran dilakukan sepenuhnya oleh guru atau instruktur. (2) Stand Alone, pada pola penyajian ini, PowerPoint dapat dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif, meskipun kadar interaktifnya tidak terlalu tinggi namun PowerPoint mampu menampilkan feedback yang sudah diprogram. dan (3) Web Based, pada pola ini PowerPoint dapat diformat menjadi file web atau (html) sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan internet. Hal ini ditunjang dengan adanya fasilitas PowerPoint untuk mempublish hasil pekerjaan menjadi web.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline