Lihat ke Halaman Asli

Lulu Hasanah

Mahasiswa fakultas sastra universitas pamulang

Lingkungan Bersih dari Sampah

Diperbarui: 6 Juli 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kondisi Lingkungan sekitar Dok: foto pribadi

Sampah merupakan material yang di buang sebagai sisa dari hasil produksi industri maupun sisa-sisa dari rumah tangga ataupun sisa dari bungkus makanan. Sampah juga dapat diartikan sebagai benda-benda yang tidak terpakai lalu di buang begitu saja. 

Melihat rumitnya permasalahan sampah ini, lewat opini ini saya mencoba membangkitkan kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya sebagai bagian dari peduli terhadap alam dan lingkungi sekitar. 

Sampah-sampah yang tersedia masih bisa dimanfaatkan melalui proses daur ulang, yang dalam halnya ini bisa menjadi seni kreatif bisa menjadi barang-barang baru siap pakai. dari sampah plastik yang paling dominan misalnya, hasil daur ulang dari sampah tersebut bisa menjadi tas, dompet, mainan anak-anak, bunga hias, pot bunga, dan lain segalanya. 

Hal tersebut juga bisa membuat peluang bisnis bagi masyarakat karena barang-barang yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis yang sangat menguntungkan harus dikelola dengan baik terutama. 

Sampah  sejatinya memang harus dikelola dengan terutama agar tidak mengganggu atau mengancam kesehatan masyarakat sekitar. Lebih dari itu, persoalan sama dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. 

Pengolahan sampah didefinisikan sebagai kontrol terhadap sampah yang meliputi pengumpilan, pengangkutan, sampai pada pengolahan sedemikian rupa agar sampah tidak menumpuk dan mengganggu keindahan lingkungan.

Sampah juga dapat di artikan sebagai emas yang belum berharga atau memiliki nilai guna karena belum digosok. sama halnya dengan sampah jika tidak di kelola maka akan menjadi barang buangan begitu saja yang tidak bermanfaat. Oleh karena itu, sampah di lingkungan sekitar perlu diolah dan didaur ulang menjadi barang siap pakai yang berguna bagi kehidupan masyarakat. Selain menghidupkan nilai guna sampah, pengolahan dilakukan supaya sampah tidak begitu saja dibiarkan sehingga memunculkan bau tidak sedap dan membuat masyarakat tidak nyaman.

Mari kita jaga lingkungan sekitar dengan tidak mencemarinya, membuang sampah pada tempatnya dan bisa memanfaatkan sampah menjadi barang siap pakai. Lingkungan bersih hati akan senang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline