Lihat ke Halaman Asli

loedpri

instructional designer

Lesson Study, Akankah Kualitas Pembelajaran Meningkat Dengannya ?

Diperbarui: 15 September 2023   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Miskonsepsi tentang Lesson Study diadaptasi dari Lewis, Perry, dan Hurd (2004)

Lesson Study merupakan kegiatan kolegial untuk meningkatkan keprofesian guru secara berkelanjutan. Pada kegiatan lesson study dibuat suatu alur kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas.  Pada masa awal pengenalan lesson study, tidak sedikit para guru yang memiliki pandangan keliru atau sempit terhadap makna lesson study. Pandangan tersebut digambarkan melalui diagram pada gambar 1.

Berdasarkan gambar 1 dapat disimpulkan bahwa guru-guru pada awalnya memahami lesson study sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan model pembelajaran. Adapun pengembangan model pembelajaran dilakukan secara kolaboratif meliputi penyusunan rancangan pembelajaran, implementasi rencana pembelajaran oleh salah seorang guru, observasi proses pembelajaran, dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil refleksi atau masukan-masukan yang diperoleh pada diskusi pasca pembelajaran. 

Beberapa hal yang sering terjadi pada proses ini antara lain: 1) penyusunan rancangan pembelajaran sering dilakukan hanya oleh satu guru, dan guru tersebut berperan sebagai guru model; 2) sering terjadinya proses penghakiman kesalahan mengajar guru model yang tidak berdasarkan kesesuaian antara proses pembelajaran dengan rencana pembelajaran; 3) banyaknya peserta yang lupa bahwa kegiatan Lesson Study merupakan kegiatan bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan; 4) Kegiatan Lesson Study merupakan kegiatan rutinitas saja dan cenderung membosankan.

Saat ini, persepsi guru tentang lesson study mulai berkembang sebagaimana pemahaman yang digambarkan oleh Lewis, Perry, dan Hurd (2004) melalui diagram pada Gambar 2.

Gambar 2. Gambaran umum lesson study. Dokpri

Berdasarkan gambar 2, diperoleh gambaran bahwa kegiatan lesson study ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat yaitu meliputi meningkatnya pengetahuan guru tentang materi ajar dan pembelajarannya, meningkatnya pengetahuan guru tentang cara mengobservasi aktivitas belajar peserta didik, menguatnya hubungan kolegalitas baik antar guru maupun dengan observer selain guru, menguatnya hubungan antara pelaksanaan pembelajaran sehari-hari dengan tujuan pembelajaran jangka panjang, meningkatnya motivasi guru untuk senantiasa berkembang, dan meningkatnya kualitas rencana pembelajaran (termasuk komponen-komponennya seperti bahan ajar, teaching materials (hands on), dan strategi pembelajaran).

Bagaimana cara menggeser pandangan guru tersebut? Kunci bergesernya pandangan guru tertumpu pada proses interaksi. Interaksi yang dikembangkan pada kegiatan diskusi dapat secara konstruktif menunjang proses berkembangnya pengetahuan pada diri seseorang.

Lesson Study merupakan kegiatan mampu menciptakan proses interaksi antar guru secara konstruktif. Melalui interaksi terjadi berbagai tahap kegiatan diskusi, sehingga proses terjadinya sharing pengetahuan dapat diperoleh melalui pengamatan terhadap pembelajaran. Dengan berkembangnya pengetahuan secara konstruktif, maka selain masing-masing fihak yang terkait memperoleh input dan umpan balik, sebagai tindak lanjutnya tidak mustahil memunculkan berbagai inovasi pembelajaran.

Pelaksanaan lesson study pada dasarnya meliputi tiga bagian kegiatan yakni perencanaan, implementasi, dan refleksi. Karena kegiatan lesson study meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, maka setiap guru terlibat secara aktif dalam ketiga kegiatan tersebut. 

Pada setiap tahap kegiatan lesson study, setiap guru mendapat kesempatan untuk melakukan identifikasi masalah pembelajaran, mengkaji pengalaman pembelajaran yang biasa dilakukan, memilih alternatif model pembelajaran yang akan digunakan, merancang rencana pembelajaran, mengkaji kelebihan dan kekurangan alternatif model pembelajaran yang dipilih, melaksanakan pembelajaran, mengobservasi proses pembelajaran, mengidentifikasi hal-hal penting yang terjadi selama aktivitas belajar peserta didik di kelas, melakukan refleksi secara bersama-sama atas hasil observasi kelas, serta mengambil pelajaran berharga dari setiap proses yang dilakukan untuk kepentingan peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline