Lihat ke Halaman Asli

Luluatul Munawwaroh

UIN Walisongo Semarang

Pelaku UMKM Desa Kuniran Gunakan E-Commerce sebagai Taktik Memperkukuh Bisnis di Tengah Pandemi

Diperbarui: 6 November 2021   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wawancara dengan salah satu pelaku UMKM Desa Kuniran

Di era globalisasi saat ini persaingan bisnis semakin meningkat, dimana pelaku bisnis dituntut untuk dapat menerapkan strateginya guna keberlangsungan dalam menjalankan usaha. Akan tetapi, adanya Covid-19 yang masuk ke Indonesia ini menjadikan perekonomian di Indonesia tidak lagi stabil, baik pada sektor mikro maupun makro, perekonomian perorangan sampai perekonomian negarapun tidak stabil akibat adanya virus Covid-19.

img20211014152619-6186344406310e300c333e52.jpg

Pati 06 November 2021, Pak Suradi pelaku UMKM mengatakan, "Desa Kuniran salah satu desa di wilayah Pati, Jawa Tengah merupakan desa yang berdapak Pandemi. Sejak adanya wabah corona, bisnis yang dijalakan semakin merosot. Adanya PSBB juga menyebabkan bisnisnya harus buka tutup, serta pembatasan jam untuk berjualan. Sehingga menyebabkan jarang adanya pembeli dan pendapatan yang didapat tidak seperti hari-hari sebelum adanya covid-19".Pandemi Covid-19 harus dihadapi terutama bagi pelaku bisnis guna menunjang perekonomian. 

Aktifitas perekonomian harus tetap berjalan dengan tetap mempertahankan kesehatan. Sehingga taktik bisnis harus diterapkan agar bisa bertahan di situasi pandemi, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan e-commerce, menginovasi produk, serta mempersiapkan diri menghadapai skenario terburuk dalam menjalankan bisnis di masa pandemi, Ucap Pak Suradi.Seorang pembisnis (produsen) harus cerdas  membaca situasi dalam menjalankan suatu bisnis. 

Apalagi kondisi pandemi saat ini, konsemen lebih suka mencari barang yang hanganya jauh lebih murah. Sehingga pembisnis harus beradaptasi untuk memahami dan mengikuti kebutuhan dari pembeli.

Menurut Pak Suradi, langkah memperkukuh bisnis di masa Covid-19 dapat dilakukan oleh pembisnis dengan cara merubah pola pikirnya, yakni memanfaatkan media sosial dalam menjalankan bisinya, seperti instagram, WA, facebook, serta bergabung dengan usaha online shopee, tokopedia, go-food guna memperluas jaringan bisnis yang dijalankan oleh produsen. sehingga dalam situasi pandemi Covid-19, pembisnis tetap bisa menjalankan bisnisnya. Meskipun dengan taktik yang berbeda dengan sebelumnya. Namun dengan cara seperti itulah, seorang pembisnis dapat mempertahankan hidupnya demi menunjang perekonomian.

Penulis: Lu'luatul Munawwaroh
Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo Semarang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline