Lihat ke Halaman Asli

Lulu Amalia

Mahasiswa

Calon Pendidik FKIP UHAMKA: Pengalaman Berharga di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta (Juli-Desember 2024)

Diperbarui: 14 Desember 2024   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pengantaran Mahasiswa PLP FKIP UHAMKA

Semester ini menjadi periode yang tak terlupakan bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). Sebagai bagian dari proses pembelajaran mereka untuk menjadi calon pendidik, mereka menjalani program pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, terhitung sejak Juli hingga Desember 2024.  Program ini berjalan dengan lancar dan penuh kehangatan, menawarkan pengalaman berharga yang melampaui teori-teori di kelas.

Lebih dari sekadar magang, program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk benar-benar merasakan dinamika kehidupan sekolah.  Mereka tidak hanya mengamati, tetapi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan, mempersiapkan mereka untuk tantangan dan kepuasan menjadi seorang pendidik.  Berikut beberapa poin penting dari pengalaman mereka:

Praktik Mengajar Langsung:  Mahasiswa FKIP UHAMKA mendapatkan kesempatan untuk mengajar langsung di kelas, membimbing siswa, dan merasakan tantangan serta kepuasan dalam menyampaikan materi pelajaran.  Pengalaman ini memberikan pemahaman praktis tentang metode pengajaran yang efektif dan bagaimana beradaptasi dengan berbagai tipe siswa.

Gambar 2. Praktik Mengajar Langsung

Interaksi dengan Guru dan Staf: Mereka berinteraksi langsung dengan guru dan staf SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, belajar dari pengalaman dan keahlian para profesional di bidang pendidikan. Ini memberikan wawasan berharga tentang manajemen kelas, perencanaan pembelajaran, dan kolaborasi dalam lingkungan sekolah.

Gambar. 3 Rapat bersama Dikdasmen PCM Kebayoran Baru

Pengalaman di Luar Kelas: Program ini juga mencakup kegiatan di luar kelas, terlibat dalam program sekolah seperti INOQS (Internasional Olimpiade Qur'an dan Sains), Nusantara Heritage, Edufair, dan berinteraksi dengan siswa dalam berbagai konteks.  Ini memberikan pemahaman holistik tentang kehidupan sekolah dan peran pendidik di dalamnya.

Gambar 4. Kegiatan Nusantara Heritage

Refleksi dan Pengembangan Diri:  Mahasiswa secara rutin melakukan refleksi atas pengalaman mereka, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kemampuan mengajar mereka.  Proses ini dipandu oleh dosen pembimbing dari FKIP UHAMKA.

Gambar 5. Mahasiswa PLP SMA Muhammadiyah 3 Jakarta

Suasana yang hangat dan penuh dukungan dari guru dan staf SMA Muhammadiyah 3 Jakarta menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi mahasiswa.  Mereka merasa diterima dan dihargai, mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sebagai calon pendidik yang kompeten dan berdedikasi.  Program ini bukan hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi SMA Muhammadiyah 3 Jakarta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline