Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Undip Kenalkan Penggunaan Masker yang Baik untuk Cegah Covid-19

Diperbarui: 9 Februari 2022   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mencegah penulran virus Covid-19. Akan tetapi saat ini semakin banyak masyarakat yang mulai tidak menggunakan masker pada saat melakukan aktivitas di luar rumah. Selain itu juga masih terdapat beberapa masyarakat yang belum menggunakan maskernya dengan baik dan benar. Diantaranya seperti hanya menutupi mulut/ dagunya saja, atau bahkan di kalungkan di lehernya saja. Untuk itu perlu adanya edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menggunakan masker dan juga cara menggunakan masker yang baik dan benar.

Atas dasar hal tersebut mahasiswa KKN Undip berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi mengenai Cara Menggunakan Masker yang Baik dan Benar. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat lebih memahami mengenai pentingnya menggunakan masker dan juga mengenai bagaimana cara yang baik dan benar ketika menggunakan masker.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2022 dengan sasaran dari kegiatan ini adalah warga RW 21 Desa Cileunyi Kulon. Pada kegiatan sosialisasi ini mahasiswa KKN Undip melakukan sosialisasi dengan menggunakan media poster yang berisikan materi mengenai cara menggunakan masker yang baik dan benar. Selain menjelaskan menggunakan poster mahasiswa juga membagikan masker secara gratis yang kemudian sambil diberikan contoh mengenai bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan benar.

Setelah dilakukan sosialisasi, poster diberikan kepada ketua RW 21 untuk ditempelkan di tempat yang mudah terlihat dan juga sering dilalui oleh masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dapat terus melihat sehingga dapat terus mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, soft file dari poster tersebut juga dibagikan melalui grup RW 21 agar dapat dilihat oleh seluruh warga RW 21 baik yang sudah ataupun yang belum mendapatkan edukasi secara langsung.

Penulis : Lulu Sanofarizka

Dosen Pembimbing : Dr. Khairul Anam, S.Si, M.Si.

Lokasi KKN : Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline