Lihat ke Halaman Asli

Luky Tiyas Ellyana

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peran UMY Dalam Pengembangan Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa

Diperbarui: 24 Mei 2023   08:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Foto Pribadi

Dengan berwirausaha kita mampu menemukan inovasi dan gagasan baru dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia, kewirausahaan  merupakan proses pengembangan dan penerapan kreatifitas serta inovasi dalam menyelesaikan masalah dan mampu melihat peluang untuk menciptakan suatu usaha, Kebanyakan kendala bagi mahasiswa yang mencoba untuk memulai usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti takut mencoba, keterbatasan modal, inovasi dan niat. Untuk itu, dalam hal ini Universitas memegang peran penting dalam pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa.

Progam Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sangat kuat dalam membentuk karakter entrepeneur dalam diri mahasiswanya. Salah satunya dengan adanya mata kuliah perencanaan bisnis semester 4 dan pengembangan bisnis semester 5, di mata kuliah tersebut kami diperintahkan untuk membangun sebuah bisnis secara berkelompok, dan diberikan fasilitas yang sangat baik oleh pihak Universitas, seperti adanya sebuah event sebagai wadah kita memulai sebuah bisnis dan modal untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Salah satunya, Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Event Entrepreneur Day pada Rabu dan Kamis (22 dan 23/06) di Sportorium UMY. "Adanya Entrepeneur Day sangat penting diadakan untuk menguji softskill mahasiswa khususnya di bidang kewirausahaan." tutur Dr. Rr, Sri Handari. Dalam Entreprenuer Day ini memiliki target sales Rp. 3.000.000 dan turut dimeriahkan stand wirausaha dari Universitas Ahmad Dahlan serta Universitas Aisyiah. Kegiatan ini juga dibuat sedemikian menarik, para pengunjung bisa menikmati hiburan musik serta undian berhadiah.

Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapakan mampu berinovasi dan berkreatifitas dalam menjalankan sebuah bisnis dan mampu membuka peluang bagi mahasiswa untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Sumber :Foto Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline