Memasuki Tahun 2023, strategi pemasaran modern tidak hanya melalui promosi offline saja, tetapi sudah memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mengingat perkembangan bisnis digital di Indonesia kini telah tumbuh pesat. Langkah seperti ini disebut dengan Go Digital, yang bisa dimaknai sebagai migrasi bisnis offline ke online. Hal ini mau tidak mau harus dilakukan karena kebiasaan masyarakat mulai mengalami pergeseran. Contohnya adalah belanja dan pesan makanan online yang dinilai lebih praktis.
Mengapa UMKM harus Go Digital ? Setidaknya ada 7 alasan yang mengharuskan UMKM untuk mulai beralih ke bisnis digital.
1. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan Go Digital untuk memperluas jangkauan pasar melalui pemasaran online. Sehingga dengan adanya Go Digital pelaku UMKM tidak akan memiliki keterbatasan distribusi dan pemasaran.
2. Meminimalisir hilangnya target pasar.
Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan pasar adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi, pesan makanan secara online, transaksi hingga kebutuhan secara online. Jika bisnis Anda tidak menyesuaikan dengan kebiasaan ini, maka bersiaplah untuk kehilangan potensi pendapatan dari konsumen yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online.
3. Mudah mengenali trend dan pasar
Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk mengenali tren dan pasar, menggunakan strategi digital marketing akan memudahkan Anda untuk mengenalinya. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga menjadi semakin bervariasi. Penggunaan media online dalam strategi digital marketing untuk bisnis UMKM akan mudah serta cepat dalam memperoleh sebuah informasi dari beragam penjuru dunia.
4. Meningkatkan value UMKM
Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan perkembangan teknologi saat ini, ada lebih banyak tantangan yang memang harus dihadapi oleh suatu bisnis. Salah satunya adalah pesaing harga antar UMKM. Laju UMKM di era digital ini bergerak sangat cepat dan dinamis. Agar Anda tidak kalah dalam persaingan atau setidaknya mampu bertahan di pasar, sebagai pelaku usaha UMKM Anda harus meningkatkan nilai dengan melakukan transformasi bisnis anda.