Lihat ke Halaman Asli

Bajaj Online Harus Bisa Menjadikan Layanan Bajaj Lebih Baik

Diperbarui: 20 Agustus 2015   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Acuan berita:

http://news.metrotvnews.com/read/2015/08/14/157833/bajaj-pun-bisa-dipesan-online 

 http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/19/20571381/Ahok.Apresiasi.Rencana.Peluncuran.Bajaj.Online.di.Jakarta 

 

Rencana Organda DKI mengeluarkan aplikasi bajaj online merupakan suatu terobosan yang patut didukung. Hal ini dikarenakan akan mempermudah masyarakat mendapatkan transportasi bajaj di Jakarta.

 

Selain itu, bajaj merupakan angkutan resmi. Ketimbang ojek, bajaj secara legal memiliki dasar hukum. Sehingga bajaj online pun harus didukung sebagaimana Pemerintah DKI mendukung ojek online.

Selain aspek hukum, secara keamanan dan kenyamanan bajaj lebih baik dari ojek. Ojek bisa berakibat fatal jika kecelakaan, sedangkan bajaj lebih aman designnya daripada ojek. Soal kenyamanan, setidaknya penumpang tidak terkena panas atau hujan.

Soal daya angkut, bajaj lebih banyak daya angkut baik orang maupun barang dibanding bajaj.

 

Meski begitu, ada beberapa catatan yang harus dipikirkan Organda DKI (Pencetus aplikasi bajaj online). Yakni tarif sebaiknya sudah ditentukan sebelum bajaj datang, mirip ojek online. Bajaj online harus mengadopsi sistem perhitungan tarif ojek online, dari yang sebelumnya tarif ojek berdasarkan tawar menawar menjadi tarif bisa dihitung berdasarkan jarak. Jika ojek bisa, harusnya bajaj juga bisa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline