Lihat ke Halaman Asli

Lukman Lukim

Mahasiswa UNTAG SURABAYA

Mahasiswa KKN Mandiri UNTAG Surabaya Taklukan Bisnis UMKM Desa Ketegan-Taman-Sidoarjo. Kok Bisa?

Diperbarui: 9 Desember 2021   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Modifikasi Kemasan Trendy, Praktis, Higienis dan Unik Stylish

Taman, Kabupaten Sidoarjo (09-12-2021) Situasi Pandemic Covid-19 yang tak kunjung bersahabat yang menimpa masyarkat dari seluruh penjuru belahan dunia memiliki dampak yang sangat signifikan untuk beberapa sektor perekonomian, perdagangan, dan Laju Perkembangan bisnis di dunia. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh beberapa perusahaan saja akan tetapi dampak ini juga dialami oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Saat sebelum adanya wabah pandemi covid-19 UMKM di desa Ketegan  mampu berjalan dengan baik dengan penjualan yang vegetatif dan lumrah setiap harinya, namun setelah pandemi menyebar ini dan bersamaan dengan ultimatum keputusan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing hingga diberlakukanya kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang memiliki level berbeda-beda dalam aturan yang diputuskan pemerintah secara langsung memiliki dampak yang sangat merugikan bagisektor perekonomian. PPKM tersebut juga diperpanjang seakan tak berujung hingga kini. bahkan Pemerintah merencanakan Kenaikan Level PPKM untuk menyambut Libur NATARU (Natal dan Tahun Baru) untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 lebih lanjut. dalam kebijakan tersebut UMKM  mengalami kemerosotan penjualan yang parah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM khususnya yang ada di desa Ketegan, Melihat kejadian ini mahasiswa KKN UNTAG melakukan pendampingan terhadap UMKM desa Ketegan agar mampu menerapkan strategi yang tepat baik secara digital marketing & Pemasaran secara Offline (Delivery). Pada umumnya pemasaran Online mengalami peningkatan signifikan selama kondisi pandemic Covid-19 ini masih berlangsung, akan tetapi banyak pelanggan mengeluhkan beberapa macam hal yang tidak didapat ketika membeli produk secara offline. seperti: Pengalaman Berbelanja (Shopping Experience), Kepercayaan hubungan relasi Konsumen-Penjual, Layanan Maksimal oleh Penjual, dan sikap ramah-tamah yang biasa diadaptkan seolah menjadi paket berbeda dan tidak bisa digantikan. Mahasiswa KKN UNTAG menyadari bahwa kondisi demikian memiliki Pro-Kontra tersendiri yang sangat menantang untuk ditaklukan. 

education3-61b19bdb62a70405c92749b5.jpg

activity35-61b19c0306310e176f2bd363.jpg

Pendampingan UMKM untuk memaksimalkan penerapkan strategi digital marketing ini disambut antusias dan hangat oleh pelaku UMKM  maupun masyarakat di desa Ketegan-Taman-Sidoarjo, mengingat kondisi Level PPKM Sidoarjo-Surabaya berada di Level 1 yang memungkinkan Mahasiswa dapat ikut ambil alih dan berperan dalam berinovasi, menggali ide dan kreativitas, mendukung penuh dan memfasilitasi proses pembuatan produk, modifikasi kemasan untuk menambah daya jual dan melakukan pendampingan pemasaran langsung melalui sosial media maupun terjun langsung ke lapangan.

edit1-61b19c2006310e6dde1e2e34.jpg

whatsapp-image-2021-12-08-at-11-53-32-61b19c3362a7042320711d03.jpeg

activity37-61b19c6362a7042aca54f052.jpg

Menjadi Kemasan Baru Berlogo:

edit2-61b19c7f75ead651b770bef2.jpg

Dalam Kesempatan ini Mahasiswa UNTAG Surabaya berkesempatan melakukan pendampingan dan peningkatan modifikasi kemasan UMKM Chao Bandungan oleh Ibu Delia Novia Ningrum, SE. aktivitas tersebut dikontrol langsung oleh pemilik UMKM dan dilakukan beberapa inovasi dan modifikasi kemasan guna menarik minat konsumen. Proses Produksi juga dilakukan dengan pemilihan bahan terbaik secara klinis, kualitas dan resep yang sudah ada. disamping itu semua, Penerapan sterilisasi juga sangatlah penting dalam kegiatan tersebut seperti memakai Hand Wash, Masker, maupun Sanitizer. Mahasiswa juga berkesempatan langsung melakukan Pembelajaran Strategi Penjualan Online dan Offline maupun ?Modifikasi logo gambar, tulisan dan kemasan yang menarik.

edit3-61b19ca606310e2c1f3edb34.jpg

edit4-61b19ce906310e39074ff052.jpg

Setelah pelaksanaan program kegiatan ini, diharapkan pelaku UMKM desa Ketegan mampu mempertahankan dan meningkatkan income penjualan demi keberlangsungan usahanya di tengah masa pandemi covid-19 ini. dari kegiatan ini Masayarakt maupun Pelaku UMKM diharapkan mampu sadar dan belajar untuk melihat sekitar dan memiliki inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan dan memperluas usahanya.

activity34-61b191e006310e7fbe320902.jpg

education3-61b191ba75ead6082a126782.jpg

activity27-61b1918f75ead67f194a6c82.jpg

edit1-61b192bf06310e7fbe320905.jpg

edit2-61b193a875ead6539e190973.jpg

whatsapp-image-2021-12-08-at-12-10-49-1-61b193e506310e44b44c1683.jpeg

whatsapp-image-2021-12-08-at-12-10-49-2-61b193fe62a704490f4d98b4.jpeg

edit4-61b1944062a70471437a7d43.jpg

Ditulis : 

Lukman Hakim 

DPL: Etik Darul Muslikah, S.Psi. M.Psi

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline