Lihat ke Halaman Asli

Lukman Hamarong

PNS Kabupaten Luwu Utara

Perdana Jejakkan Kaki di IKN, Bupati Luwu Utara: Indonesia Baru Dimulai dari Sini

Diperbarui: 15 Agustus 2024   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Facebook Indah Putri Indriani

Luwu Utara --- Tak bisa dipungkiri bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia, Nusantara, kini menjadi magnet dan primadona untuk dikunjungi. Mayoritas masyarakat Indonesia, termasuk yang kontra dengan IKN, sangat memimpikan untuk menjejakkan kakinya di IKN.

Tak ada yang salah dengan hal tersebut, karena IKN Nusantara menjanjikan "surga" masa depan untuk Indonesia gemilang yang jauh lebih baik, dari sisi keadilan dan pemerataan pembangunan, yang bisa dikatakan selama ini terlalu terpusat di Pulau Jawa dan Bali.

Nah, Agustus ini adalah bulan kemerdekaan. Di mana pusat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI akan terkonsentrasi di IKN. Meski progres pembangunan masih 15%, tetapi Presiden Jokowi ingin upacara HUT Kemerdekaan dilaksanakan di IKN.

Momentum bersejarah yang tentunya tidak akan dilewatkan oleh Presiden Jokowi menjelang masa purnabaktinya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) dua periode. Boleh dikata bahwa IKN Nusantara adalah legacy terbesar seorang Presiden Joko Widodo.

Namun, ada yang menarik. Jokowi seperti tak ingin menikmati IKN sendirian. Ia mengajak seluruh menterinya ke lokasi IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Di sana, Presiden menggelar Sidang Perdana di IKN Nusantara.

Menariknya lagi, seluruh Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia juga diundang hadir. Di sana, Jokowi memberikan pengarahan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Ada dua hal penting yang menjadi topik pengarahan Presiden Jokowi.

Pertama, terkait urgensi perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara, yang salah satu alasannya adalah bagaimana menciptakan sebuah kota masa depan untuk Indonesia baru. Kedua adalah pengarahan Jokowi terkait dengan perhelatan Pilkada serentak.

Salah satu Kepala Daerah yang mendapatkan undangan hadir ke IKN Nusantara adalah seorang Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan. Dia adalah Indah Putri Indriani. Bupati Luwu Utara dua periode ini terlihat begitu bahagia bisa menjejakkan kaki di IKN.

Hal itu terlihat dalam akun media sosial facebook pribadi-nya yang diunggah Selasa (12/8/2024). Dalam akun pribadinya tersebut, Indah mengabadikan dirinya di atas tanah IKN Nusantara dengan berlatar belakang Istana Garuda IKN. Pemandangan yang begitu sangat indah.

Ia meninggalkan sebuah kalimat di akunnya tersebut, dengan menuliskan, "Alhamdulillah, ada mi juga fotoku di sini". Frasa yang dituliskan Indah Putri Indriani ini menggambarkan suasana hatinya yang begitu bahagia bisa menjejakkan kaki pertama kalinya di IKN Nusantara.

Sehari kemudian, Indah kembali mengunggah postingan di media sosial yang sama, berupa video pendek. Di mana dalam video tersebut, ia memberikan pandangannya terhadap kehadiran IKN Nusantara sebagai sebuah ibu kota negara Indonesia yang baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline