Lihat ke Halaman Asli

Lukman Hamarong

PNS Kabupaten Luwu Utara

Euro dan Copa America, Episentrum Penahbisan Juara Dua Negara Berseteru?

Diperbarui: 14 Juli 2024   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Reuters

Inggris dan Argentina adalah dua negara yang berkonflik sejak lama. Kedua negara beda benua ini terlibat rivalitas dalam upaya merebut Kepulauan Falkland, sebuah wilayah seberang laut milik Inggris Raya di Samudra Atlantik Selatan yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Falkland Timur dan Falkland Barat, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Konflik ini pun berujung perang, yang kemudian melegenda dengan sebutan Perang Malvinas, yang terjadi pada tahun 1982 silam. Baik Inggris maupun Argentina, keduanya mengklaim sebagai pemilik sah dari Kepualauan Falkland. Secara geografis, Kepulauan Falkland memang sangat dekat dengan Argentina. Sehingga Argentina mencoba merebut kepualauan tersebut.

Inggris pun tak mau melepaskan begitu saja Kepulauan Falkland ke tangan Argentina, sehingga perang pun tak terelakkan. Dikutip dari berbagai sumber, perang Malvinas ini berlangsung selama dua bulan. Wilayah Falkland pun berubah menjadi arena perang yang begitu mengerikan. Armada perang yang tidak seimbang menyebabkan Argentina kalah dalam peperangan itu.

Kepulauan Falkland atau Malvinas akhirnya tetap menjadi milik Inggris. Invasi militer Argentina di Kepualauan Falkland resmi berakhir pada 14 Juni 1982. Inggris pun sebagai pemilik sah kepulauan tersebut. Meski perang militer telah berakhir, tetapi perseteruan Inggris dan Argentina di sektor yang lain selalu saja dikaitkan dengan perseteruan lama perang Malvinas tersebut.

Tak terkecuali di sektor olahraga, lebih spesifik di cabang olahraga paling populer, sepak bola. Di turnamen mana pun, kedua negara ini selalu menjadi episentrum pemberitaan saat keduanya bertemu. Isu paling menarik tentunya adalah perseteruan mereka dalam perang Malvinas. Meski begitu, kedua negara ini akan mengusung misi yang sama di Euro dan Copa America.

Inggris akan berupaya untuk mencetak sejarah monumental di Euro 2024 yang dilangsungkan di Jerman. Saat ini, Inggris masih bertahan sampai di partai puncak. Misi juara Inggris tak mudah. Mengingat lawannya adalah Spanyol. Tim paling memesona di Euro ini sangat diunggulkan untuk menang. Namun, semangat perang Malvinas saat mengalahkan Argentina tentu ada.

Jadi, Spanyol kudu waspada terhadap semangat juang Inggris. Kendati diperkuat bintang-bintang muda yang mulai bersinar terang, sebut saja Lamine Yamal, Dani Olmo, dan Nico Williams, tetapi Spanyol tak boleh memandang enteng. Pasalnya, Inggris masih diperkuat bintang yang membawa Inggris ke final Euro 2020 lalu. Sebut saja Harry Kane, Jordan Pickford, dan Bukayo Saka.

Berbeda dengan Argentina. La Albiceleste ini malah sangat diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara Copa America yang direbutnya pada Copa America 2021 lalu. Argentina di final akan menghadapi Kolombia. Los Cafeteros, julukan Kolombia, juga tak boleh dipandang sebelah mata. Mengingat Kolombia menjadi tim paling produktif di kejuaraan Copa America kali ini.

Menarik ditunggu, apakah dua negara yang berseteru ini mampu membuat Euro 2024 dan Copa America 2024 menjadi panggung penahbisan juara bagi keduanya? Inggris akan menjadi juara Euro pertama kalinya. Sementara Argentina mempertahankan gelar juara Copa America. Tentu tak mudah, karena keduanya akan menghadapi tim produktif, Spanyol dan Kolombia. (LHr)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline