Lihat ke Halaman Asli

Lukman NurHakim

Mahasiswa Pendidikan Seni Musik

Pendidikan Desa Berkualitas dalam Peningkatan Persaingan Industri dan Peningkatan Warga dalam Pentingnya Pendidikan

Diperbarui: 20 Agustus 2022   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Secara tidak kita sadari perkembangan zaman terus meningkat, termasuk Pendidikan terus berubahnya Kurikulum. Akan tetapi, desa yang bisa kesebut kurang kesentuhnya dalam pembelajaran Pendidikan, yang membuat kita lupa pentingnya Pendidikan dalam wawasan ber-sosialisasi atau wawasan secara teori dan membuat kita buntu dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Dalam hal ini juga bisa kesebut bertentangan Hakikatnya Pendidikan yaitu turun temurun kegenerasi selanjutnya.

Berdasar pada masalah tersebut dapat diketahui bahwa diperlukannya suatu bentuk tindakan kepedulian sehingga masyarat terutama yang ada pada ruang lingkup desa tertinggal dapat tetap tersentuh oleh pendidikan. Sesuai dengan permasalahan tersebut Kelompok 120 KKN UPI melakukan inisiasi terhadap salah satu desa yang ada di Kecamatan Leles yaitu Desa Ciburial. 

Mendapatkan informasi berupa susahnya akses sekolah, minimnya motivasi belajar dan masih banyaknya pengangguran, Kelompok 120 KKN UPI memutuskan untuk membuat program penyuluhan yang ditujukan kepada dua pihak yaitu siswa dari jenjang SD, SMP, SMA dan warga desa yang nantinya akan mendapatkan wawasan bagaimana nyatanya peran pendidikan dapat membantu untuk menjembatani persaingan dunia industri yang sedang berkembang di kecamatan Leles.

Kelompok 120 KKN UPI membagi beberapa fase yaitu fase perencanaan dimana kelompok memasukan target-target audience yang akan digapai beserta dengan teknis kegiatan, dilanjutkan dengan fase pelaksanaan dimana mahasiswa mulai mengimplementasikan setiap perencanaan yang sudah ditentukan dan diakhiri dengan fase monitoring dalam memonitoring kami melakukan pengawasan terhadap hasil penyuluhan berupa komunikasi tanya jawab, diskusi dan pembelajaran bersama. Pada mereka yang masih duduk dibangku sekolah, mahasiswa melaksanakan penyuluhan sesuai dengan jenjang pendidikan.

Yang tersentuh oleh program ini adalah jenjang Sekolah Menengah Akhir, pada jenjang ini mahasiswa ingin memaksimalkan visi serta tujuan para siswa pasca mengenyam masa pendidikan. 

Hal ini bertujuan untuk mengatasi kerap kalinya siswa mengalami kebingungan akan langkah selanjutnya setelah masa sekolah, penyuluhan yang dibawakan adalah pemaparan tentang dunia pendidikan tinggi (perkuliahan) dan dunia kerja bagi siswa yang akan meneruskan untuk bekerja. Pada jenjang sekolah terdapat lima sekolah yang dikunjungi yaitu terdiri dari SDN 1, 2 3 Ciburial, MTS Fitrah Insani dan MA YPI Baiturrahman.

dokpri

Mahasiswa peserta KKN juga membuat suatu program penyuluhan yang ditujukan langsung kepada pengurus sekolah, orang tua siswa, warga desa dan beberapa tokoh penting desa lainnya. 

Penyuluhan yang dikhususkan bagi warga desa ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru tentang pendidikan, terutama ketika para orang tua atau orang yang dituakan dalam suatu daerah bisa memberi contoh yang baik tentang pendidikan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi perubahan berkesinambungan terhadap kualitas pedidikan Desa Ciburial.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline