Lihat ke Halaman Asli

Lukmanul Hakim

Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Cegah Corona, Ponpes Assalafiyah Brebes Disemprot Disinfektan

Diperbarui: 25 April 2020   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Untuk mengantisipasi mewabahnya coronavirus disease 2019 atau Covid-19, Pondok Pesantren Assalafiyah I dan II di Kabupaten  Brebes disemprot Disinfektan. Agenda penyemprotan di 4 titik Ponpes yakni Pondok Pesantren Assalafiyah I luwungragi Kecamatan Bulakamba, Pondok Pesantren Assalafiyah II Saditan Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes, Pondok Pesantren Al Bukhori Sengon Kecamatan Tanjung dan Pondok Pesantren Al Falah Jatirokeh Kecamatan Songgom.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Nur Nadlifah, S.Ag,MM yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan. Setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke beberapa Pengasuh Pondok Pesantren di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes untuk memberikan sosialisasi tentang pencegahan virus corona, saatnya kali ini memberikan bantuan semprot disinfektan dan hand soap serta hand sanitizer.

dokpri-semprot-5e7eed77d541df7c10005ef2.jpg

Dengan memakai kostum safety, petugas penyemprot dari Tim DPC PKB Kabupaten Brebes menyusuri beberapa ruangan di Pondok Pesantren menyemprotkan disinfektan. Dari mulai Masjid, kelas, ruang tidur sampai toilet disemprot unruk memutus rantai mewabahnya Corona virus. Pengasuh pondokpun antusias menyambut kehadiran tim penyemprot sebagai wujud ikhtiar.

Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Nur Nadlifah, S.Ag, MM mengatakan, penyemprotan ke beberapa Ponpes di Brebes salah satu langkah untuk mencegah virus corona. Hal ini juga merupakan wujud tanggung jawab dirinya sebagai anggota DPR RI di bidang kesehatan.

"Langkah pencegahan lainnya, sesering mungkin untuk cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, jaga jarak atau social distancing, apabila batuk atau besin tutup dengan siku atau masker, minum vitamin dan makanan bergizi serta rajin berolahraga," katanya Sabtu (28/03/2020).

dokpri

Pengasuh Pondok Pesanten Ponpes Assalafiyah 1 Luwungragi K.H. Subhan Ma'mun mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegiatan penyempotan, Ini merupakan langkah ikhtiar agar santri tidak terjangkit wabah virus. 

"Kami selalu memperhatikan kebersihan lingkungan santri dan menjaga kesehatan setiap santri agar selalu berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu cuci tangan dengan sabun. Kesehatan jasmani juga dilakukan dengan selalu berolahraga," paparnya.

Ketua DPC PKB Zubad Fahilatah menambahkan, instruksi dari DPP PKB sangat menginisiasi dan menjadi penggerak bagi kami untuk berpartisipasi dan berkiprah ikut mencegah menyebarnya covid-19 ini. 

Lukmanul Hakim. KBC-05




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline