Lihat ke Halaman Asli

Lukmanul Hakim

Menulis salah satu usaha untuk mengikat ilmu. Aktifitas saya sebagai jurnalis warga menjadikan selalu untuk menulis berita. Begitu juga sebagai kontributor TVMU untuk wilayah Brebes, mesti menulis Naskah narasi berita. Jadi Menulislah...menulis...dan menulis...Salam Literasi

Video | Mengapa Harus Green Screen dan Blue Screen, Nggak Warna Lain?

Diperbarui: 28 Februari 2020   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sobat Kompasiana yang semangat berkarya melalui video

Kali ini penulis akan mengupas tentang perlunya Green screen atau blue screen untuk variasi model video dengan ganti background. Seberapa pentingkah ? Efek CGI yang diterapkan pada film bioskop pun seringkali menjadi pilihan mengurangi biaya pembuatan film. Artinya, tidak perlu menggunakan alat sesungguhnya atau bahkan harus ke lokasi yang diinginkan.


Diatas adalah video editan dari penulis mengubah background hijau menjadi beberapa tampilan yang menarik. Lalu pertanyaannya, apakah bisa mengganti warna lain, semisal merah, kuning, hitam, putih atau lainnya. Sebelum kita kupas, perlu diketahui dulu apa itu CGI 

Apa itu efek CGI ?

Berdasarkan sumber media wikipedia, CGI kependekan dari  Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: "pencitraan yang dihasilkan komputer") adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Permainan video umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), tetapi juga sering menggunakan "adegan tengah" (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV). 

Dalam menggunakan efek CGI, tidak lepas dari layar hijau atau green screen. Kebanyakan mereka menggunakan layar hijau, meskipun ada juga yang menggunakan layar biru atau blue screen

sumber : kaskus.co.id

Mengapa harus Green Screen ?

Untuk mengisolasi warna background dengan warna yang ada di bagian tubuh seseorang atau objek yang didepan layar, maka warna hijau adalah yang terbaik. Warna hijau akan kontras dan terpisah dengan warna objek di depannya. Warna hijau sangat efektif untuk menyeimbangkan warna kontras  pencahayaan dengan objek utama.

Lalu, blue screen sendiri bagaimana ? Blue screen digunakan apabila objek terdapat warna hijau, begitu juga sebaliknya, apabila objek terdapat bagiannya yang berwarna biru, maka layar yang harus dipasang sebagai background adalah warna hijau.

Jadi, bagaimana dengan warna lain ? Merah, kuning, jingga, putih atau lainnya. Sebetulnya itu bisa saja di chroma key untuk hilangkan background, namun hasil akan tidak maksimal, ada saja bagian objek yang hilang kebawa warna backgroundnya yang hilang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline