Lihat ke Halaman Asli

Luki Ishwara

Background Worker

Robby Maulana Zulkarnaen, Calon DPD Jawa Barat untuk Pemilu 2024

Diperbarui: 7 September 2023   07:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: senatorjabar.com

Robby Maulana Zulkarnaen atau yang akrab disapa Kang Robby ini juga merupakan salah satu Budayawan Sunda (Kasundaan) yang lahir di Tatar Sunda lebih tepatnya Kota Kembang, Bandung pada Tahun 1964. Beragam cerita yang tertuang dalam perjalanan hidupnya hingga sampai saat ini mengantarkannya pada jiwanya yang dia pilih menjadi seorang budayawan, meskipun berlatar belakang pendidikan formal di bidang Hukum.


Hal tersebut tentu saja keterpanggilannya karena terbentuk dari asam garamnya kehidupan yang telah ia jalani sejauh ini. Jejak rekam yang dilakukan oleh beliau merupakan bukti dan tanda nyata pendalaman peran dalam kebudayaan. Dimulai dengan mendirikan sebuah lembaga yang berbasis pada kebudayaan pada tahun 2007 yang bernama SUNDAWANI, yang dalam perjalanannya terus diasah sampai dengan pada tahun 2012 disempurnakan dengan nama SUNDAWANIWIRABUANA.


Tidak hanya bergerak dalam hal kebudayaan, karir yang mulai dirintis dari tahun 2005 yakni dengan menjadi seorang wiraswasta, dan demi kepeduliannya terhadap budaya, ia mencoba untuk bertarung dalam kancah politik dengan mencalonkan diri menjadi Calon Anggota DPD RI 2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Barat.


Kang Roby telah menjalani berbagai macam profesi, pada rentang waktu tahun 1984 sampai tahun 1995, beliau pernah menjadi tenaga magang di Dispenda Kota Bandung, General Affair pada PT. Hadtex Indosyntec, dan Manager Produksi PT. Agro Sundari Lestari.

Sumber gambar: senatorjabar.com


Pengalaman berorganisasi kang Roby pada rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2007, belau pernah menjadi Anggota MASAHI (Majelis Sabuk Hitam), Ketua Bidang Kepemudaan Rukun Wargi Tatar Sunda, dan Sekjen Ormas BB. Pada tahun 2007 Kang Roby Mendirikan organisasi Paguyuban Sundawani, sebuah organisasi berbasis Budaya, kemudian pada tahun 2012 Kang Roby kembali mendirikan dan menyempurnakan Paguyuban Sundawani dengan nama SUNDAWANIWIRABUANA serta merangkap sebagai ketua umumnya. Pada tahun 2018 Kang Roby menjadi Dewan Pakar ICMI Jawa barat sebagai Kabid Sosial Budaya dan Kearifan lokal. Pada tahun 2019 Kang Roby menjadi Pembina Himpunan Putra/i Angkatan Darat Jawa Barat dan Dosen Ilmu Budaya Sunda di Universitas Pasundan. Pada tahun 2021 Kang Roby menjadi Anggota Dewan Pakar Asosiasi Desa Wisata Jawa Barat. Kemudian pada tahun 2022 Kang Roby menjadi Konsultan Tetap Bidang Budaya di Universitas Langlangbuana Bandung - Jawa Barat, Menjadi Dewan Pakar Bidang Budaya di Partai Keadilan Sejahtera, dan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kota Bandung.


Kang Robby Maulana Zulkarnaen juga memiliki pengalaman lain seperti Peserta Konferensi Internasional Bahasa Sunda, dan Narasumber Sunda-Islam, Islam-Sunda Salawa di Pesantren Al-Bunyamin, Pagelaran Cianjur pada tahun 2012, untuk tahun 2013 kang Robby menjadi Narasumber kepemimpinan Sunda di Kampus UNPAS, STHB, UNPAD, dan UIN. dan tahun 2018 Kang Robby menjadi Narasumber pada pelatihan leadership di Universitas Padjajaran, Roadshow Sosialisasi Anti Hoax, dan Tim Sinkronisasi Jabar Juara.


Untuk Penghargaan yang pernah diraih, Kang Robby Maulana Zulkarnaen pada tahun 2016 pernah mendapatkan sertfikat original rekor indonesia sebagai kreator seni kolaborasi debus menembus batas dan Penghargaan International Culture Awards dari D'raja Nusantara 4 Nusa. Pada tahun 2017 Kang Robby mendapatkan bandung awards for the best support and participation in the Tourism of Bandung Raya metropolitan. Di Bidang Olahraga, Kang Robby mendapatkan juara 1 Kejuaraan karate antar instansi se-Jawa Barat pada tahun 1984, Juara 2 Seleksi nasional Kejuaraan Asia Pacific Karate Association pada tahun 1986, dan Juara 1 Kejuaraan nasional Fullbody Contact Kei Shin Kan versi Khosishiki di Jakarta pada tahun 1989.


Kang Robby Sebagai figure yang humble dan mengedepankan silaturahmi adalah assetnya dalam pengembangan daya sinergitasnya dan melalui Budaya, Kang Robby berharap membawa kebaikan dan kemajuan kepada negeri sebagai salah satu bentuk cinta pada tanah airnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline