Lihat ke Halaman Asli

Secangkir Kopi Hitam

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1353569249977768803

Arti secangkir kopi hitam.

Siang tadi, salah seorang teman kantorku membuat secangkir kopi hitam penghilang rasa kantuk setelah jam istirahat siang.

Harum semerbak khas kopi hitam sekejap memenuhi ruang kerja yang hanya berisi 4 orang dengan job desk masing-masing. Sekejap pula, aku yang sedari tadi juga mengantuk tiba-tiba kembali bersemangat.

Karena kopinya masih panas, temanku itu membiarkannya diatas meja menunggu agar hilang uap panasnya. Sementara itu, ia lanjutkan kembali pekerjaannya yang tadi ditunda.

Saat suasana sedang hening dan yang terdengar hanya suara tuts keyboard komputer, tiba-tiba temanku memanggilku. Ia memperlihatkan kopi yang diseduhnya tadi. Dan, oh..

Buih sisa dari hasil penyeduhan tadi berkumpul ditengah membentuk sebuah bentuk semacam apel atau lubang kunci. Unik memang, karena jujur saja selama saya membuat kopi hitam, buihnya tidak pernah berhenti ditengah dan menyisakan lubang ditengah seperti itu.. Mungkin kebetulan saja.

Dari secangkir kopi hitam tersebut menginspirasi diriku akan suatu hal, walaupun warnanya hitam dan pahit rasanya, ternyata kopi hitam memberikan banyak arti.

Seperti kehidupan ini, walaupun terasa hitam kelam dan pahit rasanya, bila kita menambahkan gula-gula manis berupa rasa syukur dan rasa berbagi, kopi hitam itu berubah menjadi secangkir minuman yang nikmat untuk diminum.

Selain itu, kopi pun memiliki berbagai macam kegunaan. Bahkan pernah suatu kali saya membaca sebuah artikel, ternyata kopi bisa membantu menghaluskan kulit. Itu bubuk kopinya, belum lagi manfaat-manfaat lain yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Begitu juga kehidupan, bila kita benar menaruh takarannya, kopi itu akan tercium harum dan memberikan semangat. Bila kita meminumnya dalam porsi yang wajar, kopi bisa menghilangkan rasa kantuk yang menyerang saat diri kita sedang berada pada posisi yang mengharuskan kita siaga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline