Lihat ke Halaman Asli

Peranan Ilmu Kimia dalam Teknik Elektro

Diperbarui: 18 Juni 2021   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui Peranan Ilmu Kimia dalam Teknik Elektro (unsplash/freestocks)

Apa sebenarnya peranan ilmu kimia di bidang teknik elektro sehingga harus belajar kimia lagi?

Pertanyaan itu banyak ditemukan di dunia perkuliahan terlebih lagi yang mengambil jurusan ilmu teknik. Dalam artikel ini dijelaskan mengapa dalam teknik elektro juga harus mempelajari ilmu kimia.

Pengertian

Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang dialami oleh suatu materi. Dimana materi merupakan segala hal yang ada di alam semesta. Ilmu ini sangat berkaitan dengan sifat suatu unsur dan atom, proses pembentukan suatu senyawa, dan reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. 

Baca juga : Bekal Ilmu Kimia Saat Kuliah yang Terpakai hingga Sekarang

Ilmu kimia disebut juga sebagai "Central Science" yang dimaksud adalah ilmu kimia memiliki peranan yang penting bagi ilmu pengetahuan lainnya, termasuk dibidang ilmu fisika, ilmu geologi dan ilmu biologi.

Teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai pengaplikasian listrik yang dapat diterapkan di kehidupan manusia untuk mengatasi masalah yang ada di masyarakat. 

Teknik elektro melibatkan konsep, rancangan, dan pengembangan serta produksi dalam menciptakan suatu inovasi berupa perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ini menyebabkan teknik elektro memegang peranan penting dalam pengembangkan teknologi di dunia dalam bidang komputer, komunikasi, dan energi. Sama halnya dengan ilmu teknik lainnya teknik elekrto juga berkaitan dengan bidang teknik lainnya seperti teknik kimia, teknik sipil, dan teknik mesin.   

Baca juga : Penemuan Unsur Terbaru dalam Ilmu Kimia

Hubungan Antara Ilmu Kimia Dengan Teknik Elektro

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline