agama hindu dikenal dengan agama yang mengenal banyak dewa,namun yang paling dikenal adalah trimurti.trimurti adalah tiga dewa yaitu brahma,wisnu dan siva.dewa brahma dikenal karena perannya sebagai pencipta alam semesta beserta isinya,dewa wisnu sebagai pemelihara seluruh alam semesta dan dewa siva berperan sebagai pelebur alam semesta.ketiga perwujudan itu adalah manifestasi dari kebesaran tuhan yang maha esa.dan menurut umat hindu tuhan tiada duanya,hanya saja disebut dengan banyak nama.terlepas dari hal tersebut ada banyak ajaran ajaran dasar dalam hindu,diantara yang paling dasar adalah ajaran panca sradha.panca sradha secara etimologi terdiri dari kata panca dan sradha,panca adalah lima dan sradha adalah keyakinan itu adalah percaya adanya brahman,atma,karma phala,punarbhawa,dan moksa.
brahman artinya umat hindu percaya bahwa hanya ada satu tuhan,sebagaimana telah tertuliskan dalam chadogya upanisad IV.2.1 yaitu "ekam eva avityam brahman"yang artinya "tuhan itu hanya satu tidak ada yang kedua".kemudian dalam yajur veda XVII.27 juga tertuliskan "yo devanam namadha eka eva"yang artinya "ia adalah satu dan dia disebut dengan banyak nama".masih banyak lagi tulisan-tulisan dan doa-doa yang menyebutkan dengan jelas bahwa umat hindu percaya akan adanya satu tuhan.
dalam konteks hubungan antara panca sradha dan brahman kita dapat melihat bahwa penghormatan terhadap leluhur dan keyakinan dan penghormatan terhadap leluhur yang dianggap bagian dari siklus kehidupan yang terhubung dengan asal usul dan kelangsungan hidup keluarga.
umat hindu berpegang teguh pada dasar keyakinan dalam menjalankan agamanya.dasar inilah yang selanjutnya menjadi semua umat beragama hindu percaya dan sangat meyakini keberadaan tuhan atau sang hyang widhi wasa.dasar keyakinan ini terdiri dari lima aspek yang disebut dengan panca sraddha.kelima aspek tersebut antara lain:
- keyakinan terhadap brahman atau widhi tattwa
ajaran adalah atman tattwa atau lebih kerap disebut dengan roh suci.umat hindu meyakini pula bahwa keberadaan jiwatman membuat manusia bisa hidup.atman diyakini memiliki sifat kekal dan sempurna
- keyakinan terhadap karmaphala atau karmaphala tattwa
keyakinan dasar ketiga dalam ajaran agama hindu adalah keberadaan dari karmaphala.kata karma sendiri memiliki arti perilaku atau perbuatan,sementara phala artinya hasil yang didapat.jadi,jika dijelaskan secara singkat,karmaphala ini artinya hasil yang di dapat dari perbuatan yang dilakukan.sederhananya,umat hindu sangat percaya dengan adanya hukum sebab akibat dalam kehidupan sehari hari.karmaphala sendiri dibedakan menjadi tiga bagian waktu,yaitu masa kini atau sekarang,masa nanti atau hari esok,dan masa depan.
- keyakinan terhadap samsara atau samsara tattwa
arjaran keyakinan keempat dalam panca sradha adalah samsara tattwa atau percaya dengan adanya reinkarnasi,penjelmaan kembali atau kelahiran kembali,dalam agama hindu ini dikenal dengan istilah punarbawa yang artinya kelahiran berulang ulang.umat hindu percaya setiap ruh akan kembali lagi kepada tuhan dan harus dalam keadaan yang suci.
- keyakinan terhadap moksa atau moksa tattwa
keyakinan terakhir adalah meyakini dan percaya dengan moksha,yaitu bersatunya brahman dengan atman.bukan tanpa alasan,tujuan tertinggi dalam agama hindu adalah bisa mencapai jagadhita dan moksa.secara sederhana,masyarakat hindu percaya bahwa adanya panca sradha akan membuat mereka lebih mengetahui mana hal yang baik dan buruk.apa yang dilakukan saat ini akan memberikan hasil yang setimpal nantinya,seperti keyakinan karmaphala.
perilaku manusia dalam penyucian diri
selain lima keyakinan dalam menjalankan agamanya atau panca sradha,umat hindu juga memiliki landasan atau pedoman dalam berprilaku atau bersikap dalam kehidupan sehari hari.landasan ini dikenal dengan istilah tri kaya parisudha atau tiga prilaku pada manusia dalam menyucikan dirinya.ketiga perilaku ini yaitu:
- pikiran atau manacika parisudha
ajaran ini mengajarklan pada pemeluk agama hindu tentang cara bagaimana menusia harus mampu berpikir dengan sebaik atau sebenar benarnya
- bicara atau wacika parisudha
wacika parisudha mengarah pada ajaran umat hindu untuk berbicara secara baik dan benar.ini artinya tidak berkata kasar atau mengumpat,berbicara dengan sopan dan tutur kata yang baik
- perilaku atau kayika parisudha
ajaran ini mengajarkan pada manusia bagaimana caranya untuk bisa berprilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari hari terhadap sesama.misalnya dengan melakukan tindakan tindkaan positif dan menghargai dan menghormati orang yang lebih tua
setiap agama pasti punya ajaran atau keyakinan masing masing.jadi,ada baiknya kamu meluangkan sedikit waktu untuk lebih mendalami ajaran agama yang kamu percayai.
brahman,sebagai realitas ultimatif,dianggap sebagai keberadaan mutlak yang mencakup segala sesuatu.dalam keyakinan hindu,leluhur dianggapsebagai bagian dari keseluruhan realitas,dan penghormatan terhadap mereka dianggap sebagai bentuk pengabdian kepada brahman.dengan kataa lain,melalui penghormatan terhadap leluhur,seseorang juga mengakui dan menghormati keberadaan mutlak brahman yang mencakup segala sesuatu.jadi,dapat dikatakan bahwa panca sradha dan brahman saling terkait dalam konteks keyakinan hindu,dimana penghormatan terhadap leluhur dianggap bagian dari pengabdian kepada realitas ultimatif yang diwakili oleh brahman.
adapun dari perbedaan atman dan brahman menurut ajaran agama hinduat ,atman atau jiwa berasal dari percikan kecil dari brahman yang berada di dalah setiap mahkluk hidup .atman menurut ajaran agama hindu adalah brahman atau tuhan yang ada di dalam diri manusia.atman juga menganut paham hukum sebab akibat,jika seorang di dunia ini berbuat baik,maka atmanya akan menuju surga,sebaliknya jika atmanya berbuat jahat ,maka akan jatuh kedalam neraka .atman yang masuk dalam neraka akan mengalami siksaan sesuai dengan hasil perbuatannya karena itu,atman menurut ajaran hindu,terjadi penjelmaan terus menerus sampai jiwatman sadar akan hakekat dirinya sebagai atman.jika atman sampai pada kesadaran dirinya sebagai atman.maka ia terlepas dari awidya dan mencapai kebahagiaan dan kedamaian yang abadi serta kembali bersatu dengan asalnya atau moksa.
fungsi atman sebagai sumber hidup
- atman dianggap sebagai sumber hidup citta,citta adalah alam pikiran meliputi pikiran,perasaan dan instuisi
- atman dianggap bertanggung jawab atas baik dan buruknya segala karma manusia
- atman dianggap sebagai sumber hidup stula sarira ( badsn kasar)meliputi:darah,daging,tulang lendir,otot,sumsum,otak,dan sebagainya
terdapat beberapa sifat atman
- achedya:tak terlukai oleh senjata
- adahya:tak terbakar oleh api
- akledya:tak terkeringkan oleh angin
- acesyah;tak terbasahkan oleh air
- nita:abadi
- sarwagatah:dimana mana ada
- sthanu:tak berpindah pindah
- acala:tak bergerak
- awyakta:tak dilahirkan
- acintya:tak terpikirkan
- awikara:tak berubah dan sempurna tidak laki-laki ataupun perempuan
- sanatana:selalu sama