Lihat ke Halaman Asli

leo

Ingin Indonesia maju

Efek Domino Penurunan Harga Batubara

Diperbarui: 2 Januari 2016   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Tak terasa tahun 2015 sudah di lewati,namun harapan kedepan rasanya mustahil kalau harga batubara akan beranjak dari keterpurukanya.

Banyak di beberapa media yang memberitakan penurunan harga komoditas batubara ini,isu lingkungan menjadi akar permasalahan penurunan permintaan batubara ini.Malah baru baru ini di Eropa ada seratusan negara yang mengikuti pertemuan tersebut telah sepakat membuat komitmen akan mengurangi penggunaan batubara.

Di Indonesia sebagai salah satu produsen batubara terbesar di dunia dan banyak menyerap tenaga kerja termasuk saya sebagai buruh tambang mewakili dari sebagian teman teman yang bekerja di sektor batubara.Banyak dari teman teman yang sudah terimbas penurunan harga batubara ini,pengurangan tenaga kerja sudah pasti menghantui para pekerja di sektor ini.Masa kejayaan batubara akankah akan berakhir seiring penurunan harga ini ?

Lalu  bagaimana sikap pemerintah dengan fenomena seperti ini  ? Mudah mudahan solusi pemerintah bisa mengakomodir keresahan kami sebagai buruh tambang.Saya percaya pemerintahan Jokowi akan bijak dalam menyikapi masalah ini.

Salam Kompasiana dari Pulau Sebuku




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline