Lihat ke Halaman Asli

Lugas Rumpakaadi

TERVERIFIKASI

WotaSepur

Hak Penamaan Eksklusif Stasiun Kereta Api

Diperbarui: 6 Mei 2023   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

10 November 2021 Gerbang Masuk Stasiun Semarang Tawang Mulai Dioperasikan(KAI)

Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya serius dalam komersialisasi aset stasiunnya. Kini, salah satu stasiunnya berubah nama menjadi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Pengubahan nama ini sempat membuat warganet bertanya-tanya. Bahkan ada yang sampai memastikan, benarkah stasiun itu adalah Semarang Tawang yang dulu?

Jawaban dari pertanyaan itu adalah, ya. Itu masih stasiun yang dulu. Hanya saja, namanya berubah karena ada kesepakatan kerja sama exclusive naming rights.

Exclusive naming rights atau hak penamaan eksklusif ini bukan barang baru dalam grup KAI. Pada tahun 2018, sudah ada stasiun yang menggunakan nama sebuah brand.

Sebut saja, Stasiun BNI City atau Sudirman Baru. Bank Negara Indonesia (BNI), yang kantornya dekat dengan stasiun itu membeli hak penamaan eksklusif stasiun tersebut.

Kala itu, hak penamaan eksklusif ditawarkan oleh anak usaha KAI, KAI Bandara. Atau yang saat itu masih bernama PT Railink, pengelola kereta api bandar udara (KA Bandara).

Hak penamaan eksklusif juga mungkin sudah akrab di telinga para pengguna Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Lihat saja, hampir semua stasiunnya memiliki nama brand di belakangnya.

Beberapa contohnya antara lain Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati Indomaret, Stasiun Blok M BCA, Stasiun Istora Mandiri, Stasiun Setiabudi Astra, dan Stasiun Dukuh Atas BNI.

Stasiun Semarang Tawang. (Dokumentasi KAI)


Di KAI sendiri, hak penamaan eksklusif ini adalah hal baru. Sebelumnya, belum pernah ada penawaran semacam ini. Wajar jika ini akhirnya jadi pemandangan baru bagi pengguna KA jarak jauh.

Melansir siaran pers KAI pada Jumat (9/9/2022), KAI menawarkan hak penamaan eksklusif ini kepada perusahaan. Adapun stasiun yang ditawarkan adalah stasiun yang melayani KA jarak jauh dan commuter.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline