Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen Mata Kuliah Manajemen Bisnis
Bisnis UMKM memang memiliki ruang lingkup kerja bisnis yang lebih kecil dibandingkan perusahaan bisnis yang besar, UMKM biasanya memiliki kelemahan dalam pengorganisasian salah satunya yaitu pengorganisasian Manajemen Sumber Daya Manusia. Beberapa permasalahan yang sering terjadi para bisnis UMKM saat ini, yaitu rekrutmen, manajemen karyawan, budaya, lingkungan kerja, dan kualitas SDM
Tak dapat dipungkiri sumber daya manusia menjadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah usaha atau bisnis untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan oleh perusahaan dan juga merupakan modal untuk mengembangkan kapasitas serta keuntungan yang dihasilkan dari perusahaan.
Sumber Daya Manusia yang harus kita ketahui agar bisnis UMKM menjadi berkembang dengan baik yaitu meliputi beberapa hal seperti perencanaan, peningkatan, dan perbaikan dalam mengelola karyawan. Misalnya, seorang pengusaha harus mengetahui jumlah karyawan yang harus direkrut dan apa saja yang harus dikerjakan sehingga pekerjaan ataupun bisnis dapat dilakukan sesuai yang diharapkan.
Lalu, kesalahan apa yang sering terjadi dalam pengelolaan manajemen SDM dalam bisnis UMKM?
Manajemen SDM yang sering terjadi pada UMKM yaitu :
1. Kurangnya hati-hati dalam merekrut karyawan
Dalam proses seleksi biasanya seorang pemilik terlalu terburu-buru sehingga tidak diketahui apa permasalahan dari bisnisnya, sebaiknya seorang pemilik perlu mempertimbangkan dan ditemukan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dari bisnis tersebut.
2. Kurangnya kepatuhan dalam hukum ketenagakerjaan
Undang-Undang yang sudah dibuat pemerintah harus dipatuhi dan harus dilakukan oleh seluruh perusahaan. Biasanya UMKM sering merasa bahwa hukum peraturan ini menjadi beban untuk pemilik, karena khawatir karyawan merasa akan tidak nyaman dalam menjalani pekerjaanya.