Lihat ke Halaman Asli

Ludiro Madu

TERVERIFIKASI

Dosen

Kuliah Pertama: Sebaiknya Menarik, tetapi Santai di Zaman ChatGPT

Diperbarui: 24 Februari 2023   05:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dosen mengajar kuliah. (Pexels.com/Fauxels via grid.id)

Kuliah pertama di kampus menjadi kegiatan mengajar yang menarik dan penuh semangat jika dilakukan secara santai. Kuliah pertama tentu saja sangat berbeda dengan kuliah terakhir. Kuliah pertama tidak seberat dan selama dibandingkan dengan kuliah kedua dan seterusnya.

Tidak berat dan tidak lama dalam pengertian bahwa kuliah pertama hanya bersifat pengantar. Ibarat sebuah buku, maka kuliah pertama adalah bagian pendahuluannya. Melalui kuliah pertama itu, seorang dosen harus mempersiapkan diri agar kuliah itu berkesan bagi dosen itu sendiri dan mahasiswanya.

Karena sifatnya sebagai pengantar, maka kuliah pertama biasanya berisi perkenalan. Kegiatan kelas di kuliah pertama meliputi perkenalan dosen dan mata kuliah. Setiap dosen memiliki cara khas untuk memperkenalkan diri kepada mahasiswa.

Namun demikian, perkenalan seorang dosen tidak semata terbatas pada pribadinya. Seorang dosen juga perlu memperkenalkan berbagai hasil karya tulisnya, termasuk penelitian, selama ini. Berbagai hasil karya itu bisa berkaitan secara langsung dan tidak langsung dengan matakuliah yang diajarkan.

Tidak ada maksud pamer dalam memperkenalkan karya tulis dosen, namun lebih sebagai pertanggungjawaban publik. Sekian tahun menjadi dosen, maka dosen itu telah menulis, meneliti, dan bicara apa saja mengenai matakuliah itu.

Selain itu, kuliah pertama itu ibarat pandangan pertama. Kuliah itu harus mengesankan bagi dosen dan mahasiswa. Pada pandangan pertama itu, seorang dosen perlu mengetahui situasi kelas dan kondisi mahasiswa. 

Satu hal penting yang perlu selaku diingatkan dan mungkin juga dilupakan adalah pandemi Covid-19. Kita semua tidak boleh lupa tentang bagaimana Covid-19 telah mengubah banyak hal kehidupan manusia. 

Ingatan itu tetap perlu dirawat agar kita menjadi lebih bijak menghadapi situasi tidak terduga. Memakai masker menjadi sesuatu yang biasa. Jika sedang sakit (ringan) dan tetap ikut kuliah, maka disarankan memakai master. Walaupun pemakai masker tidak selalu menderita sakit. 

unisbank.ac.id

Melalui kuliah pertama itu, seorang dosen akan menatap mata para mahasiswanya untuk berinteraksi. Baku mata itu antara dosen dan mahasiswa itu sangat penting. Tujuan awalnya adalah agar dosen bisa memahami suasana kelas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline