Lihat ke Halaman Asli

Muh Ludfi Azhar

blog pribadi

Cintailah Budaya Indonesia Seperti Kau Mencintai Kekasihmu

Diperbarui: 24 April 2022   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jakarta- Indonesia adalah negeri berjuta keajaiban mulai dari pulaunya,lautnya,rakyatnya serta budayanya, kita mesti merasakan betapa bersyukurnya kita dilahirkan dan dibesarkan dinegeri nan elok ini dengan diberkati tuhan berjuta kekayaan dan keindahan alam didalamnya.
Indonesia memiliki 16.771 pulau serta 801 bahasa dan 1.340 suku, memiliki masyarakat yang heterogen yang artinya masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku,ras,agama,maupun budaya namun begitu Indonesia tetap dipersatukan dengan "tali pengikat" yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Tak kerap terjadi pergesekan didalam masyarakat indonesia yang memang banyak unsur yang mengakibatkan itu terjadi, salah satunya adalah sifat saling mengungguli budaya dari masing-masing daerah atau etnosentrisme.
Patut kita ketahui bahwa cara kita menghargai dan mencintai budaya dalam bentuk melestarikan budaya bangsa yakni dengan 5M:
1. Dengan Mengenal budaya apa saja yang kita mikili.
2. Mecoba menimbulkan rasa cinta terhadap budaya yang dimiliki
3. Menggunakan dan menerapkan budayanya
4. Melestarikan budaya bangsa agar tidak mudah diklaim oleh bangsa lain
5. Menghargai budaya lain.

Dengan cara itu kita sebagai anak muda calon penerus bangsa Indonesia dapat memiliki budaya yang utuh tanpa ada pergesekan antar suku bangsa dan budaya diIndonesia yang dapat menganggu kestabilan integrasi bangsa.
Tak sedikit pula seiring perkembangan di era globalisasi para pemuda Indonesia lebih mengenal dan mencintai budaya bangsa lain,sehingga nilai dan norma budaya asli indonesia kerap tersingkirkan dan lebih memilih kepada budaya barat (westernisasi) kedalam kaum muda Indonesia.

Maka,mulailah dari sekarang kita mulai mencoba mengenal dan mencintai budaya bangsa seperti kita menyayangi pasangan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline