Lihat ke Halaman Asli

LUDA SOFIAH

KEPALA SEKOLAH

Mutu Sekolah

Diperbarui: 13 Desember 2022   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Dasar

Ilmu pengetahuan merupakan suatu hal yang sangat penting, sebab dengan ilmu yang dimiliki seseorang, akan menjadi satu indikator yang membedakannya dengan orang lain, bahkan dengan ilmu pengetahuan itu pulalah yang mengantarkan seseorang memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia, secara sederhana.

Pandangan N. Driyarkara SJ : Budi pekerti memiliki arti sebagai tabiat yang kita maui atau kehendaki sehingga perlu kita bangun secara terus menerus bermodalkan anasir-anasir warisan yang terbawa dari kelahiran kita. Dalam usaha membangun tabiat yang kita maui atau kehendaki ini kita juga harus berhadapan dengan pengaruh-pengaruh lingkungan, sekitar

Perubahan perubahan tahap petumbuhan dan watak dipengaruhi oleh keseharian seiring perkembangan kejiwaan anak dikelanjutan hidupnya, maka kita diharapkan selalu membentengi secara total baik secara fisik, kejiwaan dan kecerdasan, sikap sosial ahlak maupun spiritual. Memang hal ini tidak mudah karena memerlukan waktu dan proses yang lama selain berbagai tantangan yang akan dihadap

1. Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Pendidikan karakter sudah pernah diluncurkan sebagai gerakan nasional pada 2010. Namun, gema gerakan pendidikan karakter ini belum cukup kuat. Karena itu, pendidikan karakter perlu digaungkan dan diperkuat kembali menjadi gerakan nasional pendidikan karakter bangsa melalui program nasional Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Pendidikan karakter mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif. penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup yang sangat berat

Secara programatik, adalah usaha bersama semua guru dan pimpinan sekolah, melalui semua mata pelajaran dan budaya sekolah Pembinaan dan pengembangan itu terjadi melalui proses aktif peserta didik dalam belajar.,Disiplin dalam melakukan kegiatan sehari hari mulai dari pembiasaan dalam tata tertib sekolah, datang ke sekolah hingga pulang sekolah, Pendidikan budaya dan karakter bangsa diartikan sebagai proses internalisasi serta penghayatan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang dilakukan peserta didik secara aktif dibawah bimbingan guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan serta diwujudkan dalam kehidupannya di kelas, sekolah, dan masyarakat

2. Menjadikan  Sekolah Rujukan bagi Sekolah DasarLain

Sekolah sebagai system sosial pada hakikatnya merupakan susunan dari peran dan status yang berbeda-beda, dimana masing-masing bagian tersebut terkonsentrasi pada satu kekuatan legal struktural yang menggerakkan daya orientasi demi mencapai tujuan tertentu. Tentu saja sistem sosial tersebut bermuara pada status sekolah sebagai lembaga formal. Sosialisasi dan enkulturasi melalui pendidikan dengan belajar adat (kebiasaan sosial).

Lingkungan sekolah merupakan suatu sistem yang terdiri dari sejumlah variabel dan faktor utama yang dapat diidentifikasi sebagai budaya sekolah, kebijakan dan politik sekolah, kurikulum formal, dan bidang studi. Variabel dan faktor sekolah sebagai sistem sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline