Lihat ke Halaman Asli

Lucky Azhari

Jurnalis Jawa Pos Radar Tulungagung

Juara! Dejan/Gloria Selamatkan Wajah Indonesia di Tanah India

Diperbarui: 3 Desember 2023   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dejan/Gloria Selamatkan Wajah Indonesia di Tanah India - dok. Shi Tang/Getty Images

Kabar baik datang dari tanah India. Pasangan bulu tangkis ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja keluar sebagai juara di ajang Syed Modi India International 2023.

Gelar yang dipersembahkan Dejan/Gloria ini sekaligus mengakhiri paceklik juara di nomor ganda campuran. Sebab, cukup lama sektor ini tidak menyumbangkan pundi-pundi juara.

Dejan/Gloria juara usai di babak final menumbangkan unggulan kelima asal Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo melalui rubber game, 20-22, 21-19, 25-23 dalam tempo 1 jam 35 menit.

Pasangan peringkat 18 dunia ini sempat kesulitan melawan wakil Jepang. Bahkan di set pembuka, kedua pasangan saling mengejar demi meraup poin sebanyak-banyaknya.

Setelah gagal menag di gim pertama, Dejan/Gloria harus rela kembali tertinggal jauh di gim kedua. Yakni, 4-10, 5-11, hingga 6-13. Namun, cover lapangan yang apik dari Dejan diimbangi sambaran bola ciamik Gloria membuat duet besutan PBB Djarum ini menang dramatis 21-19.

Di gim penentuan, Dejan/Gloria sejatinya unggul telak 15-9. Sayangnya, pasangan Jepang mengubah pola permainan lebih agresif. Dejan/Gloria juga dibuat melakukan banyak kesalahan sendiri. Dejan/Gloria pun menyentuh match point terlebih dahulu 20-18. Lawan lalu menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Setelah melalui berbagai tekanan, Dejan/Gloria pun menang ketat, 25-23.

Hasil ini sekaligus menyelamatkan wajah bulu tangkis Indonesia, mengingat dari 5 wakil yang diturunkan, hanya ganda campuran yang mampu mencapai babak final dan juara.

Kemenangan ini sekaligus membuat ranking Dejan/Gloria mengalami kenaikan pesat pada papan ranking BWF pekan depan. Pasangan ini diprediksi naik 2 strip ke posisi 16 dunia dengan perolehan poin 57.386.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline