Lihat ke Halaman Asli

Langkah Jitu Sukses Dalam Bisnis

Diperbarui: 21 Oktober 2016   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peluang dalam bisnis online sangat besar, karena teknologi sudah semakin berkembang, namun perlu disiasati agar bisnis online dapat sukses, berikut langkah - langkahnya :

Menentukan Bisnis yang akan dijalankan

Sebelum memulai bisnis alangkah baiknya kita mengetahui produk apa yang akan kita pasarkan ke masyarakat dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

Menentukan Target Bisnis

Setelah menentukan bisnis yang akan dijalankan, kita mencari target konsumen yang akan kita pasarkan sesuai produk yang kita miliki, agar produk yang kita jual dapat diterima dalam masyarakat.

Membuat Brand, Logo, dan Tagline

Dalam usaha bisnis dibutuhkan suatu hal yang menarik dan unik yang menjadikan ciri khas produk agar konsumen dapat mengingat produk yang kita jual dengan mudah.

Membuka Rekening

Mempunyai rekening bank sangat penting dalam bisnis online, karena transaksi dilakukan secara sistem transfer, karena jika melakukan transaksi secara tunai dapat menghambat proses berlangsungnya bisnis online tersebut.

Membuat Situs Bisnis

Situs bisnis dapat dimulai dari berbagai media sosial, seperti Fanpage, Blog, Website, BBM, Line@, Instagram, serta platform gratis lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Olx, atau Shopee. Manfaatkan jejaring sosial tersebut sebaik mungkin karena memungkinkan jangkauan konsumen yang lebih luas.

Melakukan Promosi

Promosi diterapkan untuk memperkenalkan produk serta mencari popularitas brand yang akan kita jual. Melakukan promosi dapat dilakukan dimulai dari lingkungan sekitar kita,kita seperti keluarga, kerabat, teman dekat, rekan kerja dan sebagainya. Cara ini cukup efektif bagi kita yang baru terjun ke dalam dunia bisnis online. Setelah mendapat konsumen dalam metode tersebut, tanyakan kritik dan saran kepada konsumen tersebut tentang produk dan pelayanan yang kita terapkan agar kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan kita untuk masa yang akan datang.

Ketika mempunyai modal lebih, dapat menggunakan fasilitas endorse artis, selebgram, maupun jasa periklanan berbayar lainnya. Mengunggah foto secara menarik menjadi nilai tambah agar para konsumen tertarik membeli produk yang kita pasarkan.

Mengadakan diskon dan hadiah dari produk yang kita jual.

Menggunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Salah satu kendala yang sering ditemui dalam bisnis online yaitu kurangnya pelayanan jasa pengiriman yang memungkinkan produk yang kita kirim melalui jasa pengiriman tidak sampai ke konsumen.

Tekun Menjalanin Bisnis

Dalam menjalanin bisnis online pasti menjumpai kendala atau hambatan. Yang perlu kita lakukan adalah bersikap teguh, sabar, serta pantang menyerah menghadapinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline