Lihat ke Halaman Asli

TOEFL Sulit dalam Structure dan Written Expression

Diperbarui: 18 Maret 2019   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

azertag.az

Test of English as Foreign Language (TOEFL) adalah tes standar untuk megukur kemampuan bahasa inggris dari seseorang yang bukan penutur asli. TOEFL diterima oleh banyak institusi akademik dan profesional di negara-negara berbahasa inggris. TOEFL adalah salah satu dari dua tes bahasa Inggris utama di dunia, yang lainnya adalah IELTS.

TOEFL adalah merek dagang dari Educational Testing Service (ETS), sebuah organisasi nirlaba swasta yang merancang dan mengelola tes tersebut. ETS menerbitkan laporan skor resmi, dikirim secara independen ke institusi, berlaku selama dua tahun setelah ujian.

Sampai saat ini ada tiga jenis TOEFL yang di keluarkan oleh ETS (English Testing Service), yaitu:

PBT (Paper Based Test) TOEFL

CBT (Computer Based Test) TOEFL

iBT (internet Based Test) TOEFL

Sebagian besar orang pasti akan mengeluhkan bagian "structure and written expression" adalah bagian tersulit dalam mengerjakan soal TOEFL, karena sebagian besar orang mampu berbicara bahasa inggris namun menjadi tendensius ketika harus menulis. 

Apalagi jika dituntut menggunakan structure dan grammar yang benar. Bagian ini memang membutuhkan ketepatan dan pengetahuan extra. Bukan semata-mata sekedar menebak kata apa yang paling enak untuk dibaca, grammar membutuhkan analisa dari rumus tenses yang sudah dibakukan. 

Berikut adalah tips strategi untuk mempermudah dalam menjawab secara tepat dalam bagian structure and written expressiom. Strategi ini meliputi tips sbb:

Pertama, lihat subjek serta kata kerja pada kalimat utama. Jika tidak kamu lihat subjek atau frasa kata kerja yang cukup lengkap, pastinya kamu harus menemukannya pada pilihan jawaban. Untuk membantu melihat subjek dan kata kerja utama, sederhanakan kalimat dengan menghilangkan frasa preposisi, kata sifat, atau kata benda.

Kedua adalah menenturkan structure seperti apa yang diperlukan kalimat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline