Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secata umum, program ini dirancang oleh berbagai Pergutuan Tinggi yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan pengabdian masyarakat menjadi salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, terutama saya sendiri, Renal Fergian Kusdiansyah, Program Studi Fakultas Hukum, yang didampangi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Angga Dutahatmaja, S.Kom., MM,. Mempunyai ide menggunakan Signage board atau penanda.
Signage board merupakan sebuah papan yang berisi tulisan tertentu dengan tujuan menyampaikan pesan kepada sekelompok orang. Seiring berkembangnya zaman, signage memimilki peranan dan jenis yang bermacam-macam. Mulai dari sebagai penunjuk jalan, petunjuk tempat-tempat penting serta pertanda bahaya.
Signage berkembang bukan hanya berupa tulisan saja, melainkan dihiasi banyak objek yang mempercantik tampilannya. Sebagai papan yang multifungsi, signage juga banyak digunakan untuk bahan promosi atau memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai. Seiring berjalannya waktu signage dibuat dari beberapa bahan yang memiliki kualitas yang lebih bagus dan memenuhi standar dalam hal promosi sebuah produk.
Sasaran kali ini adalah UMKM bu ndari, yang lebih identik dengan warung kopi tapi juga menyediakan makanan seperti nasi rawon, nasi soto, nasi pecel, dll. Usaha yang dirintis sejak 1989 menjadi tulang punggung keluarga.
Yang biasanya menggunakan banner, kini menggunakan yang sedikit modern untuk beda dari lainnya dan meningkatkan daya tarik sendiri bagi konsumen.
Lokasi ini berada di desa wonoploso, kecamatan gondang, kabupaten mojokerto
Dengan ini diharapkan agar membantu menaikan per ekonomian umkm bu ndari.
Pernyataan diatas sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh peneliti bahwa penetapan secara tepat dapat meningkatkan volume penjualan dan menarik minat konsumen terhadap UMKM