Lihat ke Halaman Asli

KKN Untag Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Perancangan Sistem Informasi Profil Desa Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto , Jawa Timur

Diperbarui: 23 Januari 2024   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokumentasi pribadi penulis

Mojokerto - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan pengabdian masyarakat di Desa kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari mulai dari tanggal 12 Januari - 24 Januari 2024. Para mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bekerja sama dengan Perangkat desa terutama staf IT desa Kemiri, untuk membuat sistem informasi desa yang berbasis web menggunakkan aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai blog engine yaitu WordPress.

Dalam melakukan kegiatan ini mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang terdiri dari Kilaurum, Nadya, Bangga yang di bimbing oleh dosen Zida Wahyuddin, S.Pd., M.Si. Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh perangkat Desa Kemiri, yaitu Mas Koko, serta Sekertaris Desa, yaitu Pak Nurul Huda.

Sebuah "website desa" adalah situs web yang didedikasikan untuk desa atau komunitas lokal. Tujuannya adalah menyediakan platform online untuk berbagi informasi, berkomunikasi dengan penduduk desa, mempromosikan kegiatan dan acara, serta memberikan sumber daya yang bermanfaat bagi warga desa dan pengunjung yang mengakses website desa.

Dalam membuat sistem informasi yang berbasis website dibutuhkan domain dan hosting, domain sendiri berfungsi untuk mendapatkan ekstensi yaitu salah satunya adalah .go , .id , .com , .xyz dan masih banyak domain lain, sementara untuk hosting sendiri merujuk pada penyedia layanan yang menyimpan dan menyajikan situs web, aplikasi, atau data secara online sehingga dapat diakses oleh banyak pengguna.

sumber: dokumentasi pribadi penulis

Didalam pemerintah desa Kemiri sendiri belum memiliki sistem informasi yang berbasis website, ini menjadi alasan mengapa mahasiswa pengabdian masyarakat dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memilih proker ini agar Pemerintah Desa Kemiri bisa memanfaatkan sistem informasi yang berupa website untuk memberikan informasi publik terkait desa agar lebih mudah untuk di akses oleh semua orang. "Sudah bagus, karena untuk desa sendiri belum memiliki sistem informasi yang berupa website, untuk memudahkan melihat informasi tentang desa, potensi wisatanya, dan supaya menjadi kenang-kenangan yang bermanfaat dari tim KKN Universitas 17 Agustus Surabaya untuk masyarakat Desa Kemiri" kata Nurul Huda (Sekretaris Desa Kemiri).

Para perangkat desa berharap dengan adanya pembuatan sistem informasi berbasis website yang di adakan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang sedang melakukan pengabdian masyarakat di Desa kemiri ini dapat berdampak positif bagi Pemerintah Desa Kemiri.

#KitaUntagSurabaya

#UntagSurabaya

#UntukIndonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline