Lihat ke Halaman Asli

Pantai Permisan Nusakambangan

Diperbarui: 23 Februari 2017   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pantai Permisan terdapat di Pulau Nusakambangan,Cilacap,Jawa Tengah tepatnya disamping selatan Lapas Permisan. Pantai ini masihlah begitu alami belum banyak tercemari oleh manusia. Dengan panorama yang begitu mengagumkan serta deburan ombak laut selatan bakal membawa wiasatawan merasakan dan menikmati pemandangan keindahan pulau-pulau kecil serta batu-batu karang.

Didepan pantai ada batu karang (pulau Kecil) yang memiliki masa lalu sendiri untuk seseorang pejebat negara yakni Perdana Menteri pertama Indonesia. Sebelumnya jadi Perdana Menteri seseorang yang bernama Syahrir pernah bertandang ke Pantai Permisan, di pantai itu Syahrir coba menyebrangi gelombang laut yang waktu itu tengah kecil, ia sukses naik ke batu karang itu. Walau demikian ketika ingin kembali pada pantai datanglah ombak yang begitu besar, hingga Syahrir bertahan hingga berjam-jam menanti air surut di atas batu karang. Karenanya ada momen itu jadi nama Syahrir diabadikan sebagai nama gugusan karang di Pantai Permisan yang oleh beberapa kelompok orang-orang menyebutnya Batu Syahrir.

Pantai permisan juga digunakan sebagai tempat pelatihan prajurit supaya dapat melindungi serta membela keutuhan bangsa serta negara. Kemauan serta kekokohan prajurit itu disimbolkan dengan satu diantara atribut yaitu pisau komando yang ditancapkan dalam batu karang dan terlihat pisau komando menancap dibatu karang. Untuk menuju ke pantai permisan wisatawan bisa memakai kapal penyebrangan atau perahu baik dari pelabuhan Lomanis atau pelabuhan wijayakusuma dari sodong ke nusakambangan lalu dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau carteran rombongan menuju permisan.

Sepanjang perjalanan wisatawan dapat menikmati panorama alam yang ada di Pulau Nusakambangan dan sekitarnya.Silakan mengisi liburan dengan berwisata ke Pantai Permisan dipulau Nusakambangan daerah Cilacap,Jawa tengah. Untuk tarifnya juga terjangaku dengan menaiki perahu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline