Lihat ke Halaman Asli

Lapas Perempuan Martapura

Humas Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura

Jelujur Kain, Skill Warga Binaan dalam Membuat Sasirangan

Diperbarui: 24 Maret 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Humas LPP Martapura

Martapura, INFO_PAS - Kain sasirangan merupakan kain khas Kalimantan Selatan yang menjadi kebanggaan. Sebagai salah satu Warisan Budaya tak benda khas Indonesia, sasirangan termasuk dalam bidang Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Warga binaan dengan teliti menjelujur kain sasirangan yang sudah terlebih dahulu dilukis dengan motif-motif yang indah dan cantik. Perlu ketelitian dan ketekunan, kain yang sudah di jelujur kemudian ditarik dengan kencang lalu diikat.

Kasi Giatja, Rose Mery menuturkan bahwa warga binaan telah mengikuti beragam pelatihan dari cara membuat pola, membuat jelujur hingga pewarnaan.

"Warga binaan selalu menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pelatihan, dan sangat bangga saat melihat hasil kain sasirangan yang sudah diolah," tukar Rose Mery.

Rose Mery menambahkan bahwa warga binaan juga mengikuti pelatihan bordir yang diaplikasikan langsung di kain sasirangan.
"Untuk lebih memperindah kain sasirangan, warga binaan juga dibekali keterampilan dan semakin lihai membordir kain sasirangan sehingga terlihat lebih elegan," pungkasnya.

Kain sasirangan karya warga binaan dapat dibeli baik secara online ataupun membeli secara langsung di Kindai Warna Permata Lapas Perempuan Martapura.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline