Lihat ke Halaman Asli

Lapas Pemuda Plantungan

Tim Humas Lapas Pemuda Plantungan

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana Pembinaan WBP

Diperbarui: 24 Oktober 2022   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Plantungan, INFO PAS -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Plantungan menggelar kegiatan rutin Saka Taruna Bumi sebagai Sarana Pembinaan Kepribadian dan Kemandirian WBP, Senin (24/10)

Dikutip dari Keputusan KWARNAS Gerakan Pramuka No 180 tahun 2011, Satuan Karya Pramuka Tarunabumi (Saka Tarunabumi), merupakan wadah pendidikan dan pembinaan untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, serta menambah pengalaman bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di bidang pertanian.

Bertindak sebagai instruktur dalam kegiatan kali ini yaitu Andalan Ranting Urusan Binamuda Kwartir Ranting Plantungan Moch Gozali, Kasubi Perawatan Eko Siswanto, S.H. dan CPNS Ilham Dhiyaulhaq.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan yang di pimpin langsung oleh Anru Binamuda KWARRAN Plantungan, Moch Gozali.

"Kegiatan Kepramukaan itu kegiatan yang menyenangkan, khusus untuk Saka Tarunabumi ini nanti kita banyak berkegiatan di bidang pertanian. Dengan harapan nanti setelah adik adik keluar dari sini memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang Pertanian," Ujar Gozali saat Apel.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kak Gozali. Beliau menyampaikan mengenai sejarah pramuka, kegiatan kegiatan kepramukaan dan juga kegiatan saka Tarunabumi.

"Pada awalnya pramuka masuk ke Indonesia itu dibawa oleh Belanda dan saat itu namanya bukan pramuka melainkan Padvinder. Kemudian seiring berjalannya waktu nama itu berubah dari mulai pandu hingga menjadi pramuka sampai saat ini," Ujar Gozali

Seluruh Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar serta diakhiri dengan apel penutupan.

"Jadi, pada intinya kita sebagai pramuka harus selalu mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari hari," Ujar Gozali dalam apel penutupan.

Tim Humas Lapas Pemuda Plantungan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline