Lihat ke Halaman Asli

UK Maranatha

UK Maranatha

Perencanaan Keuangan Tepat Guna bagi Desa Cipanjalu

Diperbarui: 3 Maret 2023   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengabdian Masyarakat Desa Cipanjalu bersama Fakultas Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Kristen Maranatha (Dok. pribadi)

Penulis: Christine Dwi Karya Susilawati

Desa Cipanjalu adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung yang merupakan wilayah hasil pemekaran di tahun 1990 dari Desa Jatimekar yang sekarang menjadi Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Tingkat pendidikan mayoritas masyarakat desa ini masih tergolong rendah dengan populasi kurang lebih 62 % menempuh pendidikan terakhir di tingkat Sekolah Dasar (SD). Tingkat pendidikan warga Desa Cipanjalu yang masih sebagian besar belum menempuh sekolah menengah maupun pendidikan tinggi ini menjadi perhatian khusus untuk meningkatkan literasi dan wawasan tentang pengelolaan keuangan yang penting bagi kemajuan ekonomi pedesaan.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  Dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha  yang terdiri dari  Dr. Christine Dwi Karya Susilawati, S.E., M.Si., Ak., CA., Dr. Riki Martusa, S.E., M.Si., Ak., CA., Dr. Meythi, S.E., M.Si., Ak., CA., Dr. M. Sienly Veronica, S.E., M.M., Aurora Angela, S.E., M.Si. dan Barnabas Tridig Silaban, S.E., M.Si., Ak., CA. mengupayakan  agar warga Desa Cipanjalu mendapatkan soft skill melalui pelatihan akuntansi tentang perencanaan keuangan pribadi mereka agar mereka mampu secara mandiri mengelola dengan baik penghasilan yang mereka peroleh dari berbagai latar belakang pekerjaan dan keluarga mereka.

Pengabdian Masyarakat Desa Cipanjalu ini juga melibatkan Mahasiswa dalam program MBKM KKN Tematik (Dok. pribadi)

Pengabdian masyarakat ini juga menjadi bagian dari aktivitas MBKM  Pengabdian Masyarakat yang melibatkan mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha terdiri dari Carmen Tiffany Alissa, Senna Dwi Renata Putri, Euclea Theda Ethelind, Levina Tjahyadi dan Amzanamios Ambarita serta didukung mahasiswa lainnya yang terlibat KKN Tematik mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan.  Kegiatan PKM ini dilakukan di Desa Cipanjalu pada tanggal 1 Maret 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Cipanjalu ini menjadi program kolaborasi Dosen dan mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Krsiten Maranatha bertujuan untuk melakukan pelatihan akuntansi Perencanaan Keuangan Pribadi. Melalui program ini diharapkan warga Desa Cipanjalu memiliki wawasan baru bagaimana meningkatkan kesejahteraan hidup mereka dalam hal meningkatkan penghasilan pribadi dan rumah tangga melalui cara mengatur keuangan pribadi mereka dengan lebih bijak. Tujuan yang diharapakan agar masyarakat Desa Cipanjalu dapat mengelola dan merencanakan keuangan pribadi dan dapat membuat laporan keuangan pribadi agar dapat  mengelola dana yang diperoleh secara pribadi perorangan ataupun rumah tangga sesuai dengan beban pengeluaran yang lebih terencana karena proses pencatatan dan penyusunan laporan keuangan pribadi yang lebih rinci dan terukur.

Tim PKM berharap dengan adanya pelatihan akuntansi mengenai  perencanaan keuangan pribadi akan membantu masyarakat desa melakukan perencanaan keuangan pribadi yang baik dari perspektif akuntansi dan membuat laporan keuangan pribadi secara sederhana untuk mengelola keuangan pribadi agar lebih baik. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kesejahteraan di dalam keluarga secara khusus dan secara umum dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat Desa Cipanjalu di masa mendatang. (ed.abe)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline