Lihat ke Halaman Asli

masario

Pengembang Teknologi Pembelajaran BBGP Jawa Tengah

Pembelajaran Efektif pada Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 15 September 2023   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mewujudkan proses belajar efektif pada pembelajaran diferensiasi - Dok. pribadi

Belajar merupakan  sebuah proses.  Pernyataan sesuai dengan yang disampaikan oleh Cronbach, yaitu"learning  is show by change in behavior as a result of experience".

Pembelajaran akan efektif jika proses belajar untuk mencapai tujuan, dicapai dalam waktu tepat. Proses belajar efektif harus dikuasai oleh guru. Pembelajaran yang efektif bisa menjadi salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya sebuah proses pembelajaran. Karena itu, guru harus dapat merancang sebuah proses pembelajaran yang efektif dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

Melalui proses belajar yang efektif, siswa bisa memaksimalkan pemahaman atas pengetahuan yang dipelajarinya dengan menggunakan  waktu yang singkat. Hasil dari proses belajar efektif, salah satunya adalah tujuan pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Selain itu, pembelajaran yang efektif tidak hanya membantu siswa untuk mencapai tujuan tersebut, tapi juga mendukung mereka untuk dapat menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari secara langsung.

Permasalahan mendasar dalam kajian ini adalah bagaimana mewujudkan sebuah proses pembelajaran efektif di kelas? Bagaimana guru harus merancang pembelajarannya supaya dapat "menampilkan" sebuah proses pembelajaran efektif? 

PEMBAHASAN

Pembelajaran akan efektif jika proses untuk mencapai tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan waktu tepat. Perwujudan proses pembelajaran efektif perlu menjadi perhatian  guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. supaya pembelajaran dapat efektif, tentu saja harus dirancang dengan tepat. adapaun komponen utama untuk dapat merancang pembelajaran efektif ada 2, yaitu waktu belajar aktif dan pembelajaran berkualitas. Setelah rancangan pembelajaran dirancang, maka guru perlu taat azaz dalam melaksanakan pembelajarannya. berikut akan dikaji 2 komponen utama yang harus diperhatikan oleh guru saat merancang pembelajaran.

 

Waktu belajar aktif

Belajar dapat menimbulkan kejenuhan, apabila pengaturan waktunya tidak sesuai. Waktu belajar siswa yang efektif penting untuk diketahui oleh guru. Fungsinya tentu saja supaya guru dapat merancang strategi belajar yang sesuai dengan karakter siswa. Setiap siswa, sebenarnya sudah memiliki waktu belajarnya masing-masing.  Selain itu, siswa memiliki ketahanan belajar dan kapasitas menampung informasi yang berbeda beda.

Salah satu kunci untuk dapat menghasilkan suatu proses pembelajaran yang efektif adalah keterampilan guru dalam membuat jadwal Pelajaran dan menyinkronkannya dengan waktu belajar siswa. Mengatur jadwal belajar bagi siswa mungkin terlihat mudah dan sederhana. Namun dalam prakteknya, guru akan menghadapi beberapa tantangan. Guru seringnya sulit dalam untuk melatih siswa supaya mampu membagi antara waktu belajar dengan waktu bermain bagi siswa. Salah satu strategi yang harus dikerjakan oleh guru adalah a) meminta anak membuat agenda harian; b) menyusun target pembelajaran; dan c) menentukan strategi belajar yang tepat. Supaya lebih jelas, berikut ini diberikan tips cara mengatur waktu siswa belajar.

  • Membuat Agenda Harian
  • Siswa perlu disadarkan pentingnya membuat agenda harian. Dengan memiliki agenda harian siswa akan dapat menyiapkan diri sesuai dengan agenda yang telah dibuatnya. Disini diharapkan siswa tidak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain. Dengan memiliki agenda, siswa akan belajar bertanggungjawab.
  • Lalu apa saja isi agenda harian bagi siswa? Agenda harian anak bisa berisi jam-jam waktu bermain, jam waktu belajar, jam waktu membantu orangtua, jam waktu kumpul dengan keluarga dan jam waktu menyelesaikan pekerjaan di rumah serta istirahat.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline