Masuk ke dunia kerja pasti akan sangat berbeda dengan dunia kuliah atau sekolah. Bukan sekedar mencari nilai sebagai patokan prestasinya. Di dunia kerja, seorang karyawan tidak cuma harus pintar secara akademik.
Memiliki keterampilan dasar (skill) akan sangat membantu saat diaplikasikan di dunia kerja. Perusahaan akan lebih mempertimbangkan keterampilan yang dimiliki karyawannya untuk menentukan posisi kerja dan jenjang karir.
Memiliki skill yang menonjol daripada rekan yang lain, akan membuka kesempatan untuk menuju jenjang karir yang lebih tinggi.
Mungkin seseorang akan ahli dalam satu atau lebih keterampilan, tapi kurang dalam keterampilan yang lain. Tidak perlu khawatir, karena keterampilan ini bisa dilatih dan diasah. Semakin sering kita mengasah keterampilan-keterampilan berikut, kita akan semakin menguasainya. Apa saja skill tersebut? Apakah kamu sudah memilikinya?
1. Komunikasi yang Baik
Mungkin berkomunikasi adalah hal yang kita lakukan sehari-hari. Tapi apakah kita sudah melakukan komunikasi yang baik? Skill ini akan sangat membantu kita saat berada dunia kerja, yang mengharuskan kita bertemu banyak orang, baik itu rekan kerja, atasan, atau klien.
Memiliki komunikasi yang baik akan mempermudahkan kita menyampaikan ide-ide di pikiran kita agar diterima oleh lawan bicara kita. Berkomunikasi yang baik tidak hanya tentang berbicara di depan orang, tapi belajar jadi pendengar yang baik. Apakah kamu sudah memilikinya?
Kemampuan untuk menganalisa suatu informasi atau masalah sangat berguna di kehidupan kita sehari-hari. Di dunia kerja dimana kita akan selalu menemui masalah-masalah baru.
Kemampuan ini akan membantu kita untuk menentukan solusi terbaik dan keputusan yang tepat dengan lebih tenang. Ciri orang yang memiliki kemampuan ini, dia tidak terlalu meledak-ledak saat ada masalah, tapi berfokus pada solusinya.
3. Kreatif dan Inovatif