Analisis SWOT : Kompasiana.com
Teori Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untukmerencanakan sesuatu hal yangdilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuahsingkatan dari, S adalah Strenght atau Kekuatan, W adalah Weakness atauKelemahan, O adalah Oppurtunity atau Kesempatan, dan T adalah Threat atauAncaman. SWOT ini biasa digunakan untuk menganalisis suatu kondisi dimana akandibuat sebuah rencana untuk melakukan sesuatu, sebagai contoh, program kerja(wordpress.com, 2010).
1.Strengh (kekuatan)adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.Strenght ini bersifat internal dari organisasi atau sebuah program.
2.Weaknesses (kelemahan)adalah kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat daripada sebuah kekuatan, namun ada beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu tidak diberikan solusi yang tepat dikarenakan tidak dimaksimalkan kekuatan yang sudah ada.
3.Opportunity (kesempatan)adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi organisasi atau program kita untuk memanfaatkannya.Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang sedang diangkat.
4.Threat (ancaman)adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah organisasi dan program.Ancaman ini adalah hal yang terkadang selalu terlewat dikarenakan banyak yang ingin mencoba untuk kontroversi atau out of stream (melawan arus) namun pada kenyataannya organisasi tersebut lebih banyak layu sebelum berkembang.
Analisis SWOT untuk kompasiana.com:
1.Strengh (Kekuatan)
Yang menjadi kelebihan dari kompasiana.com:
·Website ini mudah diakses di www.kompasiana.com, dan support dengan browser apapun.
·Masih menganut estetika tata letak yang baik dengan menggunakan 3 kolom dihalaman utama, masih enak dilihat.
·Website ini menyediakan berita dari seluruh pembaca dan kontributor dan menampilkannya berupa news flash.
·Menu-menu dan submenu dalam web ini sangat jelas, dipertegas dengan membedakan warna dari setiap submenu.
·Konsisten dalam setiap halaman yang ditampilkan, seperti dalam halaman berita
·Secara konten website ini sangat jelas menyampaikan pemberitaan
·Sangat flexibel dengan apa yang dicari oleh pembaca
·Memiliki pesan konfirmasi dalam segala kondisi
·Website ini sangat interaktif, bisa menampung tidak hanya profile dan pencarian, tapi juga penulisan berita dan pengeditannya.
·Data kita akan aman karena memiliki login
2.Weaknesses (kelemahan)
·Kurang simple karena terlalu penuh dengan judul berita.
·Kurang efisien, karena ada beberapa sub menu yang tidak memiliki judul.
·Kekurangan terdapat pada halaman utama, dimana satu halaman terdapat sekali banyak link, namun tidak memiliki sub menu, sehingga membingungkan. Hal ini pun yang mengorbankan prinsip simplicity.
3.Opportunity (kesempatan)
·Memberikan berita yang aktual dan terpercaya tanpa mengurangi kecepatan berita.
·Tetap memberikan kesempatan bagi jurnalisme warga untuk menggunakan kompasiana.com sebagai media penyampaian berita.
·Memperbaiki halaman utama, menjadi lebih menarik dan tidak membingungkan penggunanya.
·Tetap mempertahankan kelebihan-kelebihan dan memperbaiki kekuranggannya.
4.Threat (ancaman)
·Banyak web berita online lainnya yang baik seperti, kompas.com, detik.com, okezone.com, mediaindonesia, tempo.com dan banyak lagi yang menjadi kompetitor dari kompasiana.com.
·Kemampuan web berita online lain dalam menyajikan berita yang baik dalam penulisan (5W1H) dapat menjadi ancaman bagi kompasiana.com.
·Di kompasiana.com tidak ada editornya, sehingga tulisan yang dihasilkan belum semua yang sesuai dengan etika jurnalisme dan menjadi ancaman bagi kompasiana.com.
·Perkembangan web berita online lain dalam menggunakan perkembangan teknologi dapat menjadi ancaman apabila kompasiana.com tidak cepat mengikutinya (update terhadap teknologi baru).
Sumber :
http://www.kompasiana.com/home, 30 April 2012, 08.00. WIB
http://www.ahmadikhsanramadhan.com/2012/03/25-prinsip-uid-dalam-website.html 30 Mei 2012, 08.00 WIB
http://eprints.undip.ac.id/26745/1/skripsi_wita(r).pdf 31 Mei 2012, 22.00. WIB
http://www.docstoc.com/docs/47336014/CONTOH-ANALISIS-SWOT 31 Mei 2012, 22.00. WIB
http://www.imadiklus.com/2010/04/analisa-swot-dan-penerapannya-dalam-organisasi.html 1 Juni 2012, 10.00 WIB
http://aguswibisono.com/2011/evaluasi-bisnis-dengan-menggunakan-analisis-swot-atau-tows/ 1 Juni 2012, 10.00 WIB
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H