Lihat ke Halaman Asli

Lovira Salsabilla

Mahasiswa Prodi Pendidika IPA Universitas Negeri Malang

Adaptasi Teknologi Melalui Pelatihan Aplikasi Media Pembelajaran di SDN 1 Karangpatihan Balong, Ponorogo

Diperbarui: 27 Desember 2021   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan pelatihan kahoot di SDN 1 Karangpatihan (Dokpri)

Seiring berkembangnya teknologi, pemanafaatan media pembelajaran interaktif dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Para pendidik zaman sekarang dituntut untuk melek teknologi. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran merupakan salah satu kompetensi inti guru (pendidik/pengajar) pada aspek pedagogik. Hal ini sesuai dengan Permendiknas No. 15 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 

Untuk membantu adaptasi teknologi di SDN 1 Karangpatiham, mahasiswa kampus mengajar angkatan 2 merealisasikan program pelatihan penggunaan aplikasi Kahoot dan Quizizz sebagai media pembeljaran interaktif dan aplikaso inovatif yang memudahkan para guru untuk membuat soal kuis maupun ujian siswa. 

Dalam waktu yang bersamaan pula, mahasiswa kampus mengajar angkatan 2 juga merealisasikan program pelatihan Duolingo untuk meningkatkan kemampuan guru maupun siswa dalam berbahasa Inggris dan pelatihan AKSI untuk memudahkan guru mengetahui kemampuan siswa.

Pelatihan aplikasi kahoot dilaksanakan pada hari Rabu (3/9/2021) di SDN 1 Karangpatihan. Aplikasi kahoot merupakan salah satu aplikasi berbasis online digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dalam tatap muka. Aplikasi ini memiliki fitur yang menarik siswa untuk mengerjkana dan menyelesaikan soal-soal dengan asyik. Kelebihannya aplikasi kahoot dapat diakses gratis melalui handphone. 

Namun, guru juga bisa meng-upgrade akun menjadi akun berbayar dari basic hingga premium sesuai kebutuhan. Di dalam pengaturan aplikasi ini, para guru dapat menentukan sendiri lama waktu pengerjaan di setiap soalnya dan dapat meringankan tugas guru dalam merekap nilai karena setelah kuis selesai dikerjakan oleh semua siswa, para guru dapat langsung menerima nilai kemudian mengunduhnya.

Sesi foto setelah pelaksanaan pelatihan Kahoot bersama dengan para guru SDN 1 Karangpatihan (Dokpri)

Kegiatan pelatihan aplikasi kahoot berlangsung selama sekitar 3 jam. Dengan waktu pelatihan selama itu, mahasiswa kampus mengajar angkatan 2 tidak hanya pemberian materi saja tetapi para guru SDN 1 Karangpatihan juga diajak praktik langsung membuat soal-soal di aplikasi Kahoot. Setipa mahasiswa kampus mengajar saling bahu membahu untuk mendampingi para guru menggunakan aplikasi Kahoot ini.

Adapun pelatihan aplikasi Quizizz dilaksanakan pada hari dan bulan yang berbeda yaitu pada hari Kamis (17/12/2021). Aplikasi Quizizz merupakan sebuah aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat permainan kuis interaktif dalam pembelajran baik di kelas maupun di rumah. Kuis interaktif yang terdapat pada aplikasi Quizizz ini ada 4 jenis bentuk soal, yaitu multiple choice, poll question, fill in the blank, dan open ended question. 

Dengan kelebihan tersebut, para guru dapat membuat lebih dari satu tipe bentuk soal dalam aplikasi ini. Aplikasi Quizizz ini para guru tidak hanya dapat menyelenggarakan kuis tetapi juga dapat membuat dan menambahkan slide atau presentasi seperti yang ada di Microsoft power point. 

Jadi, para guru juga dapat menyisipkan slide di anatara kuis yang ada. Selain itu, guru juga dapat mengatur waktu pengerjaan, yaitu bisa diselenggarakan secara langsung atau dijadikan sebagai Pekerjaan Rumah.

Penyampaian materi tentang Quizizz kepada para guru SDN 1 Karangpatihan  (Dokpri)

Mahasiswa mendampingi  para guru SDN 1 Karangpatihan saat praktik membuat soal di aplikasi Quizizz (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline