Lihat ke Halaman Asli

KKM 213 Desa Banturejo

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sayonara, Penutupan KKM Kelompok 213 UIN Malang di Desa Banturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang

Diperbarui: 25 Januari 2023   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Penutupan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang di desa Banturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang dilaksanakan pada hari Jumat (20/ 01/ 23) yang bertempat di balai desa Banturejo. Kegiatan penutupan ini dilaksanakan setelah mahasiswa melakuka pengabdian masyarakat selama 35 hari. 

Penutupan ini dihadiri oleh kepala desa yaitu bapak Kusnanto dan perangkat desa, Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok KKM 213 Ibu Ashri Shabrina Afrah, M.T dan 214 Bapak dr. Doby Indrawan, MMRS serta mahasiswa KKM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kelompok 213 dan 214 . Penutupan ini dilaksanakan dalam rangka selesainya kegiatan KKM yang telah di jalankan selama berada di desa Banturejo serta mengungkapkan rasa terima kasih dan permohonan maaf kepada kepala desa dan perangkat desa serta kepada seluruh masyarakat Banturejo.

Kegiatan penutupan ini diawali oleh sambutan dari ketua pelaksana dari kelompok 214 yaitu Ilham. Dia berharap dengan adanya program kerja yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKM 213 dan 214 pada desa Banturejo dapat membawa perubahan serta manfaat kepada desa Banturejo. Kemudian dilanjut sambutan oleh DPL 213 Ibu Ashri Shabrina Afrah, M.T  dan 214 Bapak dr. Doby Indrawan, MMRS beliau berdua mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala desa dan seluruh masyarakat desa Banturejo yang telah memberi ruang dan kesempatan kepada mahasiswa dalam melaksanakan KKM serta beliau juga mengucapkan permohonan maaf apabila mahasiswa terdapat salah kata tingkah laku atau perbuatan selama KKM di desa Banturejo ini. 

Kemudian sambutan yang terakhir dari kepala desa Banturejo yaitu bapak Kusnanto, beliau berterimakasih atas program kerja yang kreatif serta inoveatif yang telah dilaksankan oleh mahasiswa KKM 213 dan 214 serta dapat membantu dalam pengembangan sumberdaya dan potensi di desa Banturejo agar lebih berkembang dan maju. 

Mahasiswa KKM 213 dan 214 yang masing masing beranggotakan 16 orang mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dari berbagai macam prodi telah melakukan beberapa poker seperti kelompok 213 yang telah melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengajar TPQ, mangadakan bimbingan belajar, mengikuti kegiatan kemasyarakatan seperti senam bersama, tahlilan, diba'an dan lain sebagainya. Melakukan sosialisi di sekolah SD, SMP dan SMA seperti sosialisasi mitigasi bencana, pernikahan dini, dagusibu IT, hemat energi serta mengenal bank konvensional dan Syariah. Kemudian melakukan kegiatan pembelajaran seperti mengajar di SD, melakukan kegiatan menyulam yang di ikuti oleh siswa siswi SDN 1 Banturejo, meng upgrade fasilitas yang ada di durian camping ground serta melakukan promosi di media sosial. Dengan adanya beberapa program kerja diatas diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi yang ada di desa Banturejo ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline