Lihat ke Halaman Asli

Model E-business

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

MODEL-MODEL E-BUSINESS

B2b

B2B atau yang lebih dikenal sebagai bisnis ke bisnis dapat diresapi dengan SEO kualifikasi upaya untuk meningkatkan pertumbuhan cepat sukses online. Besar dan kecil B2Bs memiliki banyak kesamaan ketika datang ke bidang keuntungan dan tantangan dari SEO.Salah satu keuntungan dari B2B dapat menawarkan ketika datang ke SEO adalah memiliki ceruk Target audiens. Setiap pemilik bisnis akan tahu siapa mereka melayani dan jenis klien yang mereka miliki. Pelanggan Anda dapat berkisar dari pemilik restoran, manajer toko bunga ke pembuat cetakan cupcake. Anda mungkin tidak tahu mana situs web klien Anda dapat sering mengunjungi tetapi menemukan hal ini tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan sedikit waktu dan kreativitas. Mengetahui apa majalah yang biasanya mereka membaca dan organisasi-organisasi apa yang mereka milik bisa memberi Anda gambaran tentang apa situs web mereka biasanya memakai informasi mereka. Ini semua selain SEO Qualifications.A merugikan B2B dapat memiliki kesulitan untuk mendapatkan link kembali ke situs web Anda. Situs Anda mungkin tidak membangkitkan media publik karena Anda menawarkan informasi produk langsung, latar belakang bisnis dan kertas putih. Kecuali Anda adalah situs besar hiburan dan Anda menawarkan array besar buzz informasi orang akan lebih cenderung mengabaikan informasi yang relevan dengan situs Anda dan beralih ke lebih menghibur berita dan arus tren.Dengan alat yang tepat di tangan dan perencanaan yang cermat SEO Anda usaha Anda dapat mengatasi hambatan ini dan lebih baik meningkatkan arus lalu lintas ke situs web Anda.

B2c

Menurut marketingterms "bisnis B2C memainkan peran besar dalam perkembangan yang cepat dari Internet komersial pada akhir abad ke-20 layanan besar. Jumlah modal ventura dialirkan ke konsumen dalam bentuk online gratis dan diskon belanja, memacu adopsi media baru. "Bisnis ke Konsumen e-konsumen cepat dikembangkan sebagai alternatif bagi perusahaan untuk menjual lebih banyak produk ke e-commerce market.B2C lebih besar yang diberikan tidak hanya keuntungan ganda untuk perusahaan tetapi juga kepada konsumen.Keuntungan utama bagi bisnis dan konsumen adalah bahwa dengan membuka pasar mereka sampai dengan perdagangan e-commerce B2C mereka mengurangi biaya transaksi.Bisnis biasanya mengirimkan produk mereka ke sejumlah toko untuk membuat mereka terlihat oleh konsumen.Namun, dengan menggunakancommerceB2Cmereka dapat bukannya menampilkan semua produk mereka di internet yang mengurangi biaya transaksi.B2C juga memungkinkan pelanggan mereka untuk mengakses informasi lebih baik tentang berbagai[[Berkas:[1]]] produk dan penjual yang memperluas pilihan yang tersedia untuk pelanggan mereka.Bisnis untuk e-commerce konsumen berharga bagi perekonomian karena menciptakan cara yang lebih unik untuk bisnis dan konsumen untuk berinteraksi.


C2c

Keuntungan


Nasabah untuk pemasaran pelanggan telah menjadi sangat populer pada beberapa tahun terakhir.Pelanggan bisa langsung menghubungi penjual dan menghilangkan orang tengah.Lebih penting lagi, siapa saja sekarang dapat menjual dan mengiklankan sebuah produk dalam kenyamanan rumah seseorang - yang memungkinkan seseorang untuk dengan mudah memulai bisnis.Oleh karena itu, berbagai macam produk sering bisa ditemukan di situs lelang seperti eBay, termasuk barang bekas.Karena mayoritas dari penjualan terjadi melalui internet, penjual bisa mencapai baik pelanggan nasional dan internasional serta meningkatkan pasar mereka.Tanggapan tentang produk yang dibeli sering diminta untuk membantu baik penjual dan pelanggan potensial.Pembelian aktual dan proses pencarian ini disederhanakan dan mencari biaya, biaya distribusi, dan biaya persediaan semua berkurang.Selain itu, transaksi terjadi pada tingkat yang cepat dengan menggunakan sistem pembayaran online seperti PayPal.

Kekurangan


Meskipun lelang online memungkinkan seseorang untuk menampilkan produk-nya, sering kali ada biaya yang berhubungan dengan pameran tersebut.Lain kali, situs mungkin akan mengenakan biaya komisi ketika produk yang dijual.[16]Dengan meningkatnya penggunaan lelang online, jumlah lelang terkait penipuan-internet juga meningkat.Misalnya, penjual mungkin membuat dua account di sebuah situs lelang.Ketika sebuah tawaran pembeli yang tertarik untuk item, penjual akan menggunakan account yang lain untuk menawar pada item yang sama dan dengan demikian, meningkatkan harga.Akibatnya, banyak pengguna telah membeli produk dengan harga yang tidak perlu meningkat.

Pada catatan yang lebih serius,pencurian identitas telah menjadi isu naik.seniman Scam sering membuat situs dengan nama domain populer seperti "ebay" untuk menarik ketidaktahuan pelanggan eBay.Situs-situs tersebut akan meminta informasi pribadi termasuk nomor kartu kredit.Banyak kasus yang telah didokumentasikan di mana pengguna menemukan biaya yang tidak dikenal terhadap laporan kartu kredit mereka dan penarikan dalam laporan bank mereka setelah membeli sesuatu secara online.Sayangnya, website sering memiliki pernyataan kewajiban mengklaim bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan.Selain itu, produk ilegal atau dibatasi dan jasa telah ditemukan di situs lelang.Apapun dari obat-obatan terlarang, karya bajakan, doa, dan bahkan seks telah muncul di situs tersebut.Meskipun sebagian besar barang-blacklist, beberapa masih menemukan jalan mereka ke internet.

C2b

Konsumen-ke-bisnis (C2B) adalah perdagangan elektronik model bisnis di mana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka. Model bisnis ini merupakan pembalikan lengkap model bisnis tradisional dimana perusahaan menawarkan barang dan jasa kepada konsumen ( business-to-consumer = B2C). Kita bisa melihat contoh ini pada blog atau forum-forum internet di mana penulis menawarkan link kembali ke bisnis online memfasilitasi pembelian beberapa produk (seperti buku di Amazon.com ), dan penulis akan menerima pendapatan afiliasi dari penjualan yang sukses.

Semacam ini hubungan ekonomi adalah memenuhi syarat sebagai jenis usaha terbalik. Munculnya skema C2B ini disebabkan perubahan besar:

§Menghubungkan kelompok besar orang untuk jaringan bidirectional telah membuat semacam hubungan komersial mungkin. Para tradisional besar media adalah salah satu arah hubungan sedangkan internet adalah salah satu dua arah.

§Penurunan biaya teknologi: Individu sekarang memiliki akses ke teknologi yang dulunya hanya tersedia bagi perusahaan besar (digital printing dan teknologi akuisisi, komputer kinerja tinggi, perangkat lunak yang kuat)

ØAdapun model – model E- business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :
1. Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir. • Amazon.com
• Virtual vineyards
• Security first
• Network bank
2. Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian. • Internet mall
• DealerNet
• Industrial marketplace
• Insuremarket
3. Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.
• Partnet
• Travelocity
• Auto by Tei
4. Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.
• Etrade
• Ameritrade
5. Electronic Clearinghouses, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen.
• Bid.com
• Onsile

6. Reverse auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.
7. Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.
8. Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.
9. Online Service Provider, yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras
• Telkomnet speedy • Indosat m2

ØPengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis
Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
EDI:
• Meningkatkan tingkat akurasi
• Mengurangi biaya

Faktor-faktor keberhasilan E-Business
Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
• Validitas, Integritas, dan Privasi

Untuk dapat menangkap dimensi ruang lingkup pengertian e-business, cara yang sering digunakan adalah menggunakan prinsip 4W, yaitu :

Øa. What = menjelaskan tentang aktifitas apa saja yang ada dalam e-business

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline