Lihat ke Halaman Asli

Saraba, Jamunya Orang Palu

Diperbarui: 20 Juni 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Nikmati segelas Saraba selepas aktivitas harian yang padat adalah saat yang menyenangkan. Minuman yang menghangatkan tubuh dan memulihkan tenaga yang terkuras karena bekerja seharian ini patut dicoba.

Saraba adalah minuman khas Sulawesi. Ada yang mengatakan ia berasal dari Sulawesi Selatan. Mungkin ada benarnya. Namun yang pasti minuman ini jamak dijumpai di Palu, Sulawesi Tengah. 

Di kedai-kedai kecil pinggiran jalan atau di tepi pantai, saraba menjadi minuman favorit yang sering dinikmati bersama pisang goreng. Benar-benar nikmat. Rasanya serupa bandrek.

Saraba seringkali dijadikan obat kala flu dan demam, sebagai penambah tenaga dan untuk menjaga daya tahan tubuh. Iya, ini adalah jamunya orang Palu. 

Saraba terbuat dari jahe merah, gula aren, sereh, pandan, cengkeh, biji pala, dan kayu manis. Bahan-bahan dengan segudang manfaat bagi tubuh. Ada yang menambahkan santan atau susu, sesuai selera. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup direbus.

Doc. Pribadi

Bagaimana jika tak punya waktu untuk membuatnya sendiri? Atau kesulitan mendapatkan bahan-bahannya? 

Kini banyak diproduksi Saraba instan. Tinggal diseduh. Jika suka, bisa tambahkan susu. Namun yang original pun tak kalah nikmat dan sehat. Dalam sekejap dapat menikmati jamu kekinian orang Palu ini.

😊




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline